Waktunya Memasak! Tips memasak dengan anak! | Salsabilatuzzahra Jaha S.Psi. from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Waktunya Memasak! Tips memasak dengan anak!

memasak bersama

Melakukan kegiatan dengan anak sangatlah bermanfaat. Ketika orang tua melibatkan kegiatannya dengan anak, maka bonding akan terjalin. Orang tua juga dapat mengajarkan anaknya beberapa skill yang dapat bermanfaat bagi anak. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan ialah memasak bersama. Memasak bersama anak sangat mudah dilakukan di rumah. Kegiatan ini juga sangatlah terjangkau dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Selain itu, orang tua dapat mengajarkan pelajaran memasak dimana memasak ialah salah satu kemampuan dasar setiap orang. Dalam artikel ini akan membahas mengenai manfaat memasak bersama anak, hal yang bisa anak lakukan ketika kita memasak, dan tips aman memasak dengan anak.  


Manfaat memasak bersama anak 

  • Memperkuat ikatan orang tua dan anak (bonding)
  • Sebagai kesempatan untuk mengarkan anak tentang indra (rasa, penglihatan, penciuman, perasa) 
  • Meningkatkan self-esteem (harga diri) anak dengan ikut berkontribusi pada keluarga. Boosts self-esteem by accomplishing tasks that contribute to the whole family 
  • Mengajarkan dan menerapkan kemampuan matematika dasar. 
  • Mengajarkan anak tentang kesehatan tubuh dan makanan
  • Melatih anak untuk mengikuti arahan. 
  • Mendorong kreatifitas anak

Apa yang anak bisa lakukan? 

Para orang tua terkadang dilema ketika ingin mengikutsertakan anak dalam kegiatan memasak. Terkadang orang tua masih bingung apa yang akan anak bisa bantu dalam kegiatan memasak. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa anak lakukan ketika memasak berdasarkan usia mereka :  

  • Anak usia 2-3 tahun

Anak-anak pada usia ini bisa membantu memilih bahan-baha yang ingin dimasak atau dirasakan. Lalu mereka bisa membilas sayur atau buah. Merobek selada menjadi bagian yang lebih kecil. Memasukan bahan-bahan kedalam mangkuk. Menuang bahan (dengan bantuan) dan mengelompokan peralatan makan di meja. 

  • Anak usia 4-6 tahun

Anak pada usia ini biasanya sudah mulai belajar membaca, maa mereka bisa membantu dengan membacakan resep. Melakukan perhitungan dan mengukur bahan sederhana. Memotong menggunakan pisau plastik atau pisau mentega. Memecahkan telor. Memencet tombol on/off pada blender atau mixer. Mencampur bahan. Serta mereka juga dapat membantu anda untuk menyiapkan meja.  

  • Anak usia 7-12 tahun 

Anak di usia ini biasanya sudah lebih kompleks perkembagan dan kemampuannya. Mereka bisa membantu dengan memilih resep masakan apa yang akan dimasak hari ini. Membuat resep sendiri. Mencari dan mengumpulkan bahan masakan. Membaca dan mengikuti resep. Membantu menyusun daftar belanja. Menggunakan pisau kecil, parutan dan alat pengupas (dibawah pengawasan). Mulai menggunakan peralatan panas seperti kompor dan oven (dibawah pengawasan). Terakhir, mereka juga bia membantu untuk menyuci piring.

Tips aman dan sehat memasak dengan anak!

Tidak sedikit orang tua yang khawatir dan takut ketika membiarkan anaknya ikut memasak di dapur. Kekhawatiran tersebut berupa kesehatan anak yang bisa terancam karena berkontak dengan dapur. Maka orang tua perlu mengetahui tips aman dapat diterapkan ketika kegiatan memasak berlangsung : 

  • Mencuci tangan, itu harus!

Sebuah keharusan untuk mencuci tangan untuk meastikan kebersihan diri. Selalu cuci tangan sebelum menyiapkan makanan, setelah menyentuh wajah, pakaian atau rambut, serta mencuci tangan ketika bersihan, batuk dan setelah menggunakan toilet. Cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun selama 20 detik.

  • Bersihankan area memasak.

Pastikan area memasak steril dan bersih dengan membersihkannya. Kita bisa membersihkannya dengan air hangat yang sudah diberi sabun. 

  • Selalu memasak telur secara matang 

Pastikan untuk memasak telur (baik kuning dan putih telur) sampai benar-benar matang. Tindakan ini dlakukan untuk memastikan bakteri yang terkandung dalam telur benar-benar mati. 

  • Memakai talenan (papan potong) yang terpisah 

Bedakan antara papan potong untuk daging dan untuk sayur. Pastikan untuk mencuci papan potong dengan sabun sebelum menggunakannya, Hal ini dilakukan agar tidak ada transfer bakteri. 

Jadi, janganlah ragu untuk memulai memasak dengan anak. Kegiatan ini sangatlah mudah dan murah serta banyak manfaat yang akan didapatkan. Siapa tahu anak anda akan menjadi seorang juru masak hebat di masa depan! Ayo masak bersama!

 

Oleh Salsabilatuzzahra Jaha dari BehaviorPALS Center


Sumber 

Super Kids Crew and America Institute for Cancer Reserach. (2013, October 25). Healthy Kids. Retrieved from American Institute for Cancer: https://www.aicr.org/assets/docs/pdf/healthykids/powerful-plants-cooking-with-kids.pdf

 

Kegiatan, Memasak, Orang tua, Tips

Children 4 Years - 6 Years / 4 Tahun - 6 Tahun / Parenting / Pola Asuh / Family / Keluarga / Waktunya Memasak! Tips memasak dengan anak!

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.