Tips untuk Kerjasama Orang Tua yang Baik | Salma Safira Sukma from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Tips untuk Kerjasama Orang Tua yang Baik

keluarga

Bekerja sama sebagai orang tua dalam mengasuh anak sangatlah penting karena akan mempengaruhi perkembangan anak. Bekerja sama artinya Anda memiliki kesepakatan tentang bagaimana Anda dan pasangan Anda ingin membesarkan anak Anda, membuat keputusan bersama, melindungi satu sama lain, dan saling mendukung. Kerjasama orang tua juga dapat meliputi adanya kesepakatan terkait jam tidur anak, makanan anak, dan menetapkan aturan keluarga. Mengelola konflik, saling berbicara dan mendengarkan, serta menerima satu sama lain juga merupakan bagian dari bekerja sama sebagai orang tua. 

Dengan bekerja sama, anak Anda akan mendapat kesempatan untuk belajar tentang komunikasi positif, resolusi konflik yang konstruktif, dan hubungan yang sehat. Anak-anak yang melihat orang tuanya rukun, bahkan setelah berpisah, juga akan merasa aman dan nyaman dengan dirinya sendiri. Selain itu, anak cenderung tidak terlibat dalam masalah perilaku maupun mengalami gangguan perkembangan ketika orang tua mereka mampu bekerja sama dalam menyelesaikan konflik secara positif.

Kerjasama orang tua tidak hanya bermanfaat bagi anak, tetapi juga bagi Anda sebagai orang tua. Hasil penelitian menemukan bahwa orang tua cenderung merasa lebih bahagia, lebih percaya diri, dan lebih puas dengan pengasuhan mereka dan kehidupan keluarga mereka ketika bekerja sama dengan pasangan mereka. Oleh karena itu, penting untuk memiliki kerjasama orang tua yang baik untuk memastikan kesejahteraan anak dan keluarga Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk kerjasama orang tua yang baik:

  1. Memiliki kesepakatan tentang aturan keluarga. Penting bagi Anda dan pasangan Anda untuk memutuskan aturan apa yang ingin Anda terapkan dalam keluarga dan juga untuk mematuhi aturan tersebut. Anda juga harus memiliki kesepakatan tentang bagaimana Anda ingin menegakkan aturan tersebut dan bagaimana Anda ingin memberi penghargaan kepada anak ketika mereka mengikuti aturan yang ada.
  2. Saling mendukung. Hal ini termasuk mendukung keputusan pasangan Anda dalam menangani sebuah situasi. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda harus menyetujui setiap keputusan yang dibuat pasangan Anda. Jika Anda tidak menyukai cara pasangan Anda dalam menangani situasi tertentu, Anda dapat menunggu sampai situasi tersebut berlalu dan baru mendiskusikannya setelah itu, sehingga tidak terjadi perdebatan di depan anak. Hal ini penting untuk menghindari adanya pandangan bahwa satu orang tua ‘lebih baik’ dari orang tua lainnya.
  3. Berbagi tugas. Berbagi tugas dalam mengasuh anak dengan pasangan Anda sangat penting untuk menjaga kesejahteraan diri sebagai orang tua. Hal ini bisa berkaitan dengan siapa yang akan menidurkan anak, memberi makan, mengganti popok, mengantar anak ke sekolah, dan juga melakukan pekerjaan rumah. 
  4. Saling mendukung. Sangat penting bagi Anda untuk memberikan dukungan emosional dan dukungan praktis terhadap satu sama lain. Perhatikan jika pasangan Anda tampak lelah atau stres dan hindari berusaha mengambil alih pekerjaan pasangan Anda. Pada sisi lain, Anda dapat menanyakan apakah mereka membutuhkan bantuan Anda dan berikan umpan balik positif untuk menunjukkan bahwa Anda mengapresiasi usaha mereka selama ini. Dukungan emosional sederhana bisa dilakukan dengan sekedar mendengarkan dan hadir untuk mereka. Hal ini juga bisa berlaku jika pasangan Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan atau situasi lain di luar rumah tangga Anda.
  5. Berbincang secara rutin. Luangkan waktu untuk berbicara tentang masa indah bersama anak-anak Anda dan berbagi pengalaman dengan pasangan Anda dalam mengasuh anak. Melalui hal ini, Anda bisa mendapatkan ide dan kesempatan untuk berdiskusi terkait bagaimana Anda akan menghadapi tantangan yang bisa muncul di masa mendatang. 

Melalui kerjasama yang baik sebagai orang tua, maka Anda membantu agar Anda dan pasangan Anda saling memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai secara pribadi. Anda juga akan merasa didukung sebagai orang tua dan memiliki hubungan yang lebih baik dengan pasangan Anda. Terlebih lagi, kerjasama orang tua yang baik akan membantu menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi anak untuk tumbuh.

Referensi:

Parenting: Teamwork and why it’s important. (n.d.). Families for Life. Retrieved July 8, 2022, from https://familiesforlife.sg/parenting/PRDocuments/Tipsheets%20PDFs%20%28Updated%20logos%29/Tipsheets%20PDFs%20%28New%20logos%29/TS52_Parenting_teamwork_why_its_important.pdf

Raising children as a team: Why it’s important. (2021, January 20). Raising Children Network Australia. Retrieved July 8, 2022, from https://raisingchildren.net.au/grown-ups/looking-after-yourself/parenting/parenting-teamwork#why-raising-children-as-a-team-is-important-nav-title

 

Oleh: Salma Safira Sukma Ikhsani, S.Psi. dari BehaviorPALS Center

tips, orang tua, kerjasama

Newborn 0 - 6 Months / Newborn 0 - 6 Bulan / Marriage & Relationship / Hubungan Suami & Istri / Family / Keluarga / Tips untuk Kerjasama Orang Tua yang Baik

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.