Rekomendasi Aktivitas Stimulasi Untuk Bayi Usia 3-6 Bulan | Kunthi Kumalasari Hardi, M.Ed., BCBA from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Rekomendasi Aktivitas Stimulasi Untuk Bayi Usia 3-6 Bulan

main bersama bayi. <a href='https://www.freepik.com/photos/motherhood'>motherhood photo created by rawpixel.com - www.freepik

Bayi pada usia 3-6 bulan memiliki target perkembangan antara lain kepala tegak bila didudukkan, memandang tangannya sendiri, memegang mainan, menoleh ke kanan dan ke kiri, mengangkat dada ketika tengkurap, tengkurap dan telentang sendiri, mengamati benda-benda kecil dan gambar, menoleh ke suara kerincingan, berusaha meraih mainan, menoleh ketika dipanggil namanya, dan memasukkan tangan/biskuit ke mulut.

 

Untuk mencapai target perkembangan tersebut orangtua dapat melakukan aktivitas-aktivitas stimulasi untuk mencapai target perkembangannya. Beberapa rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan Ayah dan Ibu di rumah antara lain:

 

  1. Perbanyak tummy time

Perbanyak tummy time di lantai beralas yang cukup nyaman, misalnya di playmat. Ajak bayi Anda untuk berbicara dan bermain dengan meletakkan beberapa mainan di sekitaran area tummy time. Namun, jangan paksakan melakukan hal ini terlalu lama. Saat bayi Anda sudah menunjukkan perilaku kesal, seperti merengek, bahkan menangis, angkat bayi Anda. Anda bisa melakukan kegiatan tummy time lagi di waktu yang lain di hari itu. Kegiatan tummy time hanya perlu dilakukan bayi sekitar 30 menit per hari.

 

  1. Mulai perkenalkan mainan yang sesuai

Anda dapat memberikan benda atau mainan untuk dipegang oleh bayi. Kemudian Anda dapat memberikan mainan yang lain untuk bayi pegang. Bila pertama anak Anda memegang dengan tangan kanan, berikan mainan selanjutnya juga untuk dipegang di tangan kanan. Bayi selanjutnya akan mencoba untuk memindahkan mainan dari tangan satu ke tangan yang lainnya. Perlu diperhatikan supaya mainannya beratnya cukup ringan sehingga tidak sulit untuk dipegang oleh bayi. Selain itu jangan memberikan mainan yang tajam, dan mainan tersebut ukuraanya perlu cukup besar supaya tidak tertelan

 

Jenis mainan yang dapat diperkenalkan oleh orangtua antara lain adalah mainan yang dapat bergerak, berbunyi, atau menyala saat bayi memanipulasinya, sehingga bayi terdorong untuk melakukannya berulang kali.

 

  1. Rangsanglah bayi untuk tertawa

Orangtua dapat melakukannya dengan menggelitik bayi, misalnya digelitik di telapak tangan dan diperut. Orangtua juga dapat menunjukkan berbagai ekspresi yang lucu dan berkata dengan menggunakan kata-kata yang menurut anak Anda lucu. Mainan dan barang baru juga dapat diperkenalkan ke bayi untuk membuat mereka tertarik, setelah bayi melihat ke benda tersebut, orangtua dapat memainkan dengan ekspresif dan gaya bicara yang dapat membuat bayi tertawa.

 

  1. Ajaklah bayi Anda untuk bicara

Walaupun bayi pada usia 3-6 bulan belum dapat bicara, namun penting untuk Anda merangsang perkembangan aspek bahasa dengan rutin berbicara dengan bayi Anda. Misalnya, Anda dapat berkata, “Selamat pagi.” dan meminta izin saat Anda ingin mengganti popok bayi. Usahakan untuk berbicara dengan nada positif dan ekspresif, dan cari kontak mata bayi saat berbicara.

 

Selain itu, penting juga untuk menanggapi bayi saat ia mengeluarkan suara, Anda dapat merespon dengan menjawab kira-kira jika bayi itu dapat bicara, apa yang ia ingin bicarakan. Anda juga dapat menanggapi saat bayi Anda bersin, batuk, dan bersendawa. Saat Orangtua berbicara dengan bayi, orantua perlu memberikan kesempatan untuk bayi merespon dengan berhenti sesekali.

 

Anda juga dapat bernyanyi untuk anak Anda. Tidak perlu malu-malu saat bernyanyi dengan bayi. Hal ini penting karena bayi lebih bisa menangkap kata-kata ketika dinyanyikan. Misalnnya Anda dapat membuat lagu spesial setiap kali Anda mengganti popok bayi Anda, atau Anda dapat mula merombak lagu anak dan disesuaikan dengan aktivitas Anda dan bayi.

 

Daftar Pustaka:

Tim Penulis Dandelion (2021). Panduan Tumbuh Kembang dan Stimulasi Anak Usia 0-5 Tahun. Jakarta: Rumah Dandelion

 

Dibuat oleh:

 

Kunthi Kumalasari Hardi, M.Ed., BCBA. from @behaviorpals center




 

Bayi, 3 bulan, 6 bulan, stimulasi, motorik, bahasa

Newborn 0 - 6 Months / Newborn 0 - 6 Bulan / Psychological Development / Tumbuh Kembang Psikologis / Education / Pendidikan / Rekomendasi Aktivitas Stimulasi Untuk Bayi Usia 3-6 Bulan

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.