Pentingnya Bermain Bagi Anak | Salma Safira Sukma from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Pentingnya Bermain Bagi Anak

playing

Bermain merupakan kegiatan utama anak dimana mereka dapat belajar dan berkembang dengan berbagai cara yang menyenangkan. Bermain memberi mereka kesempatan untuk memiliki pengalaman sensorik, fisik, dan kognitif yang berbeda. Hal ini juga membantu anak-anak untuk membangun kepercayaan diri, harga diri, kemandirian, dan ketahanan. Sambil bermain, anak-anak akan belajar tentang dunia mereka, mengembangkan keterampilan sosial, kompetensi bahasa, pengambilan keputusan, dan keterampilan pemecahan masalah. Selain itu, bermain dapat membuat anak merasa bahagia, dicintai, aman, dan kesejahteraannya meningkat.

Penting bagi anak-anak untuk bermain secara bebas dengan atau tanpa batasan dari orang dewasa. Hal ini akan memungkinkan anak untuk berkreasi dan mampu bereksperimen dengan sekelilingnya untuk mengeksplorasi imajinasi dan minatnya. Anak-anak dengan usia yang lebih muda mungkin menikmati permainan yang tidak terstruktur di mana mereka hanya bermain dengan apa yang mereka anggap menarik pada saat itu. Namun, orang tua tetap bisa terlibat dengan menambahkan barang atau mainan lain di sekitar anak dan menunjuk barang tersebut untuk menginspirasi anak. 

Bagi seorang bayi, bahkan mendengar suara orang tua atau melihat wajah mereka adalah sebuah permainan. Bayi dapat mengembangkan keterampilan sosial dan emosional dengan bermain cilukba bersama orang tua. Menggelitik bayi juga merupakan cara yang baik untuk memperkenalkan mereka pada indera peraba begitu pula memberikan mereka benda-benda dengan berbagai tekstur untuk mendorong mereka meraih dan menggenggam. Di sisi lain, balita dan anak prasekolah mungkin masih menikmati permainan yang tidak terstruktur, tetapi dengan aktivitas fisik yang lebih banyak seperti bermain dengan playdough atau lompat tali. Mereka juga dapat terlibat dalam aktivitas yang lebih kompleks dan kreatif, seperti permainan imajinatif atau teka-teki.

Cara anak bermain akan berubah seiring bertambahnya usia. Mereka mungkin menjadi lebih kreatif dan bereksperimen dengan mainan mereka dan juga menikmati permainan yang lebih sosial. Anak-anak yang lebih besar biasanya juga mendapat manfaat lebih dari permainan terstruktur di mana orang tua dapat mengatur waktu dan ruang tertentu untuk bermain. Misalnya, orang tua dapat membawa anak-anak mereka ke taman setiap akhir pekan dan bermain bola atau melakukan permainan keluarga setiap hari Selasa malam. Namun, penting untuk dicatat bahwa bahkan dalam permainan terstruktur, orang tua harus tetap memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk memilih apa yang ingin mereka lakukan.

Bermain memiliki dampak besar pada perkembangan fisik, kognitif, dan sosial-emosional anak. Misalnya, ketika seorang anak bermain tangkap bola atau naik sepeda, mereka memperoleh kebugaran fisik, keseimbangan, dan keterampilan koordinasi yang lebih baik. Di sisi lain, ketika anak-anak memainkan permainan yang disertai dengan aturan, berbagi, atau bergiliran, mereka belajar untuk memiliki disiplin diri dan pengaturan diri yang lebih baik. Hal ini juga merupakan cara yang baik untuk mengajari anak-anak bahwa mereka mungkin tidak selalu mendapatkan apa yang mereka inginkan dalam kehidupan nyata. Bermain juga dapat membantu anak untuk mengeksplorasi, memahami, dan berbagi perasaan mereka sendiri. Selanjutnya, anak-anak dapat belajar mengatasi tantangan dan belajar dari kesalahan. Mereka juga akan dapat belajar mengambil risiko dan mengeksplorasi kemampuan serta keterbatasan mereka sendiri. 

Ada kalanya anak merasa lelah atau bosan sehingga kehilangan minat untuk bermain. Meskipun ini sebenarnya umum terjadi pada anak-anak, kurangnya minat bermain juga bisa menjadi tanda gangguan perkembangan. Oleh karena itu, orang tua harus memperhatikan pola perilaku anaknya, seperti ketika anak tampak tidak berinteraksi dalam permainan seperti cilukba, memiliki minat yang sangat rendah terhadap mainan, memainkan mainan dengan cara yang tidak tepat seperti hanya bermain dengan roda dari mobil mainan alih-alih mengemudikannya, atau tidak menunjukkan minat bermain dengan teman sebaya.

 

Referensi:

How play helps children’s development. (n.d.). NI Direct. Retrieved October 7, 2022 from https://www.nidirect.gov.uk/articles/how-play-helps-childrens-development#:~:text=Play%20improves%20the%20cognitive%2C%20physical,confidence 

Why play is important. (2022, April 19). Raising Children Network Australia. Retrieved October 7, 2022 from https://raisingchildren.net.au/newborns/play-learning/play-ideas/why-play-is-important 

 

Oleh: Salma Safira Sukma Ikhsani, S.Psi. dari BehaviorPALS Center

 

pentingnya, bermain, anak

Toddler 18 Months - 24 Months / 18 Bulan - 24 Bulan (Batita) / Cognitive Development / Tumbuh Kembang Kognitif / Education / Pendidikan / Pentingnya Bermain Bagi Anak

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.