Pendidikan seksual untuk anak berkebutuhan khusus | Tiara Rahadian Putri, M.S., BCBA from Yayasan Sahabat Anak Istimewa Indonesia (YASAINDO)| Kinderkloud

Pendidikan seksual untuk anak berkebutuhan khusus

photo by j u n e: https://www.pexels.com/photo/boy-and-girl-sitting-on-bench-toy-1767434/

Pendidikan seks penting diberikan sejak dini bagi semua anak, khususnya anak-anak dengan kebutuhan khusus. Mengapa? Disadari atau tidak, pemahamanan anak seputar seksualitas secara umum berkaitan dengan isu keselamatan, higenitas atau kebersihan, serta hubungan yang bermakna dan berkualitas dengan orang lain.

 

Tidak kekerasan dan pelecahan seksual dapat terjadi kepada siapa saja, namun individu dengan kebutuhan khusus memiliki risiko yang relatif lebih tinggi. Mengajarkan kerterampilan dari yang bersifat dasar hingga keterampilan yang lebih kompleks dapat membantu anak berkebutuhan khusus mengadvokasikan dirinya ketika ia dewasa.

 

Selain itu, pendidikan seksual juga dapat berdampak pada bagaimana individu tersebut dapat mencegah atau menangani isu kesehatan yang berkaitan dengan kesehatan seksualnya. Perlu diperhatikan bahwa sekelompok individu dalam kategori kebutuhan khusus yang sama dapat memiliki risiko kesehatan yang berbeda. Oleh karenanya, penting untuk melibatkan ahli di bidangnya ketika orang tua mencari informasi mengenai risiko atau kebutuhan sang anak.

 

Pendidikan seksual juga secara tidak langsung berdampak pada bagaimana anak mempelajari interaksi sosial. Contohnya, “seberapa dekat jarak saya dengan lawan bicara?”, “sentuhan apa saja yang tergolong aman dan tidak aman?”, “pada situasi apa saja dan di mana saya bisa mengenakan pakaian tertentu?”, dan seterusnya. Sama dengan manusia pada umumnya, anak berkebutuhan khusus nantinya akan mengalami masa ketertarikan dengan orang lain. Pendidikan seksual dapat membantu anak tersebut untuk membangun interaksi sosial yang sesuai dan harapannya mereka dapat membangun hubungan bermakna dengan orang lain.

 

Bagaimana cara mengajarkan pendidikan seksual bagi anak berkebutuhan khusus?

Cara yang efektif akan bergantung pada kebutuhan khusus dan keterampilan yang anak miliki. Strategi dan pendekatan yang digunakan akan berbeda untuk anak dengan gangguan lokomotor (seperti spina bifida, cerebral palsy), gangguan perkembangan (seperti autsime), atau gangguan pengelihatan pada usia yang sama, sebagai contoh. Namun, orang tua bisa memperhatikan dan mempertimbangan hal-hal berikut dalam mengajarkan pemahaman seksualitas pada anak dengan berkebutuhan khusus:

  1. Libatkan pakar terkait. Kebutuhan khusus seorang anak dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik atau perkembangan hormon mereka. Misalnya, pada anak dengan disabilitas perkembangan saraf dapat mengalami perubahan fisik pada masa pubertas lebih awal dibandingkan teman seusianya (Murphy & Elias, 2006); dimana dalam hal ini, orang tua dapat berkonsultasi dengan dokter. Namun tidak hanya dengan dokter, orang tua juga dapat konsultasi dengan pakar atau praktisi terkait mengenai perkembangan anak, atau sekadar mencari dukungan atau input tentang strategi yang sesuai digunakan untuk melakuakn edukasi seksual yang tepat untuk anak.
  2. Ajarkan sesuai tahap perkembangan dan keterampilan anak. Sama seperti anak-anak tanpa kebutuhan khusus, pemahaman tentang seksualitas sebaiknya diajarkan sejak dini dan disesuaikan seiring mereka tumbuh dan berkembang. Cari tahu apa yang anak Anda sudah pahami mengenai seksualitas pada usianya. Selain itu, penting untuk mengetahui apa yang anak sudah bisa lakukan dan apa yang belum bisa, sehingga orang tua bisa menyesuaikan strategi. Misalnya, untuk anak dengan autisme yang keterampilan komunikasi ekspresifnnya belum cukup baik, dapat dipertimbangkan untuk diajarkan berkata “tidak” atau melapor kepada orang tua ketika ada orang asing yang melakukan sentuhan fisik. Contoh lainnya, untuk anak dengan keterampilan bahasa yang terbatas, penggunaan media seperti gambar atau video bisa menjadi alternatif penjelasan verbal. Jika orang tua tidak yakin mengenai keterampilan anak, konsultasikan dengan pakar terkait.
  3. Ajarkan dengan memperhatikan konteks. Untuk anak dengan kebutuhan khusus tertentu, memahami tata cara interaksi sosial di komunitas dapat menjadi tantangan yang lebih sulit dibandingkan dengan kebanyakan orang. Sebagai contoh, beberapa anak dalam kategori ini perlu diajarkan untuk mengidentifikasi social cue sehingga ia dapat merespons orang lain sesuai dengan konteks ia berada; seperti: apakah orang lain merasa nyaman ketika anak melakukan kontak fisik dengan orang tersebut? atau bagaimana ekspresi wajahnya ketika saya menyentuhnya?.
  4. Latih kemandirian dan keterampilan merawat diri sejak dini. Keterampilan dalam merawat diri dan kemandirian dapat menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian anak dengan kebutuhan khusus. Namun keterampilan ini menjadi penting ketika anak beranjak dewasa. Contohnya, dengan anak dapat mandi sendiri atau mengenakan pakaian sendiri, maka semakin kecil kemungkinan anak akan bergantung kepada orang lain yang membantunya dalam aktivitas yang melibatkan bagian-bagian privat. Harapannya, hal ini dapat mencegah anak terlibat dalam situasi yang memiliki isu keselamatan, seperti ditawarkan bantuan oleh orang asing atau anggota keluarga.

 

Catatan: ini merupakan informasi umum. Konsultasikan pada praktisi yang relavan jika Anda memiliki kekhawatiran pada anak Anda.

 

 

Tiara Putri, MS. BCBA.

BehaviorPALS

 

 

Referensi:

Murphy, N. A., & Elias, E. R. (2006). Sexuality of children and adolescents with developmental disabilities. Pediatrics118(1), 398-403.

pendidikan seks, berkebutuhan khusus, autisme

Special Needs / Berkebutuhan Khusus / Sex Education / Pendidikan Seks / Health / Kesehatan / Pendidikan seksual untuk anak berkebutuhan khusus

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.