Merencanakan Playdates untuk Anak Anda | Salma Safira Sukma from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Merencanakan Playdates untuk Anak Anda

friends

Playdate atau bermain bersama tidak hanya menyenangkan bagi anak-anak Anda, tetapi juga memberikan banyak dampak positif bagi perkembangan mereka secara keseluruhan. Playdates membuka kesempatan bagi anak Anda untuk memperdalam persahabatan yang mereka miliki dengan teman sebayanya atau bahkan membuat pertemanan baru. Ini juga membantu meningkatkan keterampilan sosial dan komunikasi serta kemandirian mereka. Selain itu, kegiatan playdates berfungsi sebagai cara yang bagus bagi anak Anda untuk menjelajahi dunianya.

Jika Anda mengadakan playdate atau diundang, penting bagi Anda untuk merencanakan aktivitas tersebut dengan hati-hati agar semua dapat bersenang-senang dan yang terpenting aman. Berikut adalah beberapa tips bagi orang tua untuk memastikan playdates berjalan dengan baik:

1. Kenali lokasi kegiatan dan berapa banyak anak yang akan bergabung

Mengetahui tempat diadakannya playdate penting untuk keselamatan anak Anda. Anda dapat mencari tahu apakah tempat tersebut aman untuk anak, baik taman, rumah seseorang, atau bahkan rumah Anda sendiri. Pastikan playdate berlangsung di tempat teraman tanpa tangga curam, minim benda kaca, dan tepi tajam sudah diamankan. Jumlah anak yang terlibat juga merupakan faktor penting karena semakin banyak anak maka semakin besar tempat. Mengetahui jumlah anak yang akan mengikuti playdate juga akan menentukan aktivitas apa yang harus dilakukan.

2. Cari tahu siapa yang akan mengawasi anak-anak

Kumpulkan informasi terkait siapa yang akan mengawasi anak-anak Anda selama playdate berlangsung, seperti nama dan apakah mereka merupakan orang tua atau babysitter. Jika Anda hanya mengantar, berikan kontak Anda kepada wali yang bertanggung jawab jika terjadi keadaan darurat. Anda juga harus memberikan informasi penting tentang anak Anda seperti alergi makanan jika ada. Jika Anda yang mengawasi anak-anak, maka Andalah yang harus meminta kontak dan informasi tentang anak-anak lain dari orang tua mereka.

3. Buat aturan dasar

Menetapkan beberapa aturan dasar bisa menjadi ide bagus untuk menghindari perilaku bermasalah dan konflik. Anda dapat berdiskusi dengan orang tua lain tentang aturan yang diinginkan dan memberi tahu kepada anak-anak sebelum kegiatan dimulai. Ini dapat mencakup aturan tentang bergiliran, tidak boleh memukul atau menggigit, dan menghormati mainan satu sama lain. Aturan akan membantu anak-anak memahami apa yang diharapkan dari mereka dan menjaga mereka tetap aman.

4. Mengetahui kegiatan apa yang akan dilakukan

Mengetahui apa yang akan dilakukan anak-anak Anda akan membantu Anda mempersiapkan mereka untuk itu. Misalnya, jika anak Anda akan beraktivitas di luar ruangan, maka Anda dapat memintanya untuk mengenakan baju lengan panjang dan mengoleskan tabir surya secukupnya untuk melindungi kulitnya. Jika mereka akan mengendarai sepeda, pastikan mereka memakai helm dan jalanannya aman untuk anak-anak. Selain itu, jika akan ada waktu menonton film dalam agenda, cari tahu tentang apa film tersebut dan pastikan tidak ada konten yang mengganggu atau berbahaya di dalamnya.

5. Pahami kapan orang tua harus tinggal atau pergi

Akan lebih baik jika orang tua tetap berada di lokasi ketika anak masih berusia di bawah 4 tahun. Hal ini juga akan menjadi pengalaman yang baik antara orang tua. Pada sisi lain, anak-anak yang lebih besar mungkin merasa nyaman jika orang tua mereka hanya mengantarkan mereka. Namun, beberapa anak mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri, jadi pastikan mereka benar-benar merasa nyaman dan aman sebelum Anda meninggalkannya dan cobalah untuk bertahan sebelum itu.

6. Menyediakan snack dan minuman

Sebelum bermain, pastikan anak Anda cukup istirahat dan makan. Meski demikian, penting untuk selalu menyediakan minuman dan makanan ringan untuk anak selama bermain agar tetap berenergi dan terhidrasi. Jika Anda menjadi tuan rumah, dorong anak-anak untuk minum banyak air dengan gelas yang bertuliskan nama mereka. Anda juga dapat memberi mereka kotak jus sendiri atau "pizza" buah dan pastikan untuk mempertimbangkan alergi apa pun yang mungkin mereka miliki. Jika Anda hanya akan mengantar anak Anda, maka Anda dapat membawakan mereka botol air sendiri dan beberapa buah.

7. Berikan isyarat sebelum pulang

Penting untuk menetapkan waktu transisi sebelum anak-anak pulang. Jika Anda yang mengadakan, Anda mungkin ingin memberi peringatan 5 hingga 10 menit, sehingga anak-anak tahu dan siap bahwa orang tua mereka akan segera menjemput mereka. Anda dapat menjadikan kegiatan merapikan sebagai bagian dari transisi dengan meminta anak-anak berlomba untuk menyimpan mainan yang ada sebanyak mungkin. Jika Anda menjemput, beri anak Anda waktu untuk mengambil barang-barang mereka dan mengucapkan selamat tinggal kepada semua orang.


 

Referensi: 

10 parenting tips for setting up playdates. (n.d.). Early Childhood University. Retrieved June 8, 2023 from http://theearlychildhooduniversity.com/tips-for-setting-up-playdates/

Crouch, M. (2022, November 20). 17 fun playdate games and activities for kids. Parents https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/fun-playdate-games-and-activities/ 

Dilonardo, M. J. (2013, December 9). Your complete guide to playdates. Parents. https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/friendship/playdates/

Lee, K. (2022, January 5). Questions to ask before a play date. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/questions-to-ask-before-a-play-date-620538

 

By: Salma Safira Sukma Ikhsani, S.Psi. from BehaviorPALS

tips, rencana, playdate, bermain, anak

Children 4 Years - 6 Years / 4 Tahun - 6 Tahun / Social Development / Tumbuh Kembang Sosial / Education / Pendidikan / Merencanakan Playdates untuk Anak Anda

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.