Menyiapkan pembelajaran di rumah untuk siswa pendidikan spesial, apa yang harus dilakukan? | Salsabilatuzzahra Jaha S.Psi. from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Menyiapkan pembelajaran di rumah untuk siswa pendidikan spesial, apa yang harus dilakukan?

learning from home for special education student

Kemunculan virus korona (Covid19) membuat banyak perubahan yang tejadi dalam berbagai sektor. Mulai dari sektor industri, Kesehatan hingga sektor pendidkan. Perubahan ini mengharuskan kita semua untuk beradaptasi. Salah satu adaptasi yang dilakukan dalam dunia Pendidikan adalah kelas yang diadakan secara online. Pendidikan special pun harus mengadakan kelas online sebagai salah satu adaptasi saat ini. Namun, sebagaimana kita ketahui bahwa untuk kelas Pendidikan special tidak bisa dijalankan seperti kelas biasa. Pada Pendidikan special, guru akan merancang rencana belajar berdasarkan IEP (Individualized Program Education). Salah satu tantangan besar bagi guru adalah menentukan apakah program yang biasa dilakukan di sekolah seperti terapi perilaku dan pelatihan motorik kasar bisa juga dilakukan di rumah (home base) atau secara online.   


Bukanlah hal yang mustahil untuk tetap mengadakan pembelajaran secara online untuk Pendidikan special. Banyak hal yang perlu diperhatikan dan disiapkan sebelum melaksanakan Pendidikan secara jarak jauh, yaitu : 

Menyiapkan Pembelajaran Home Based 

Pada pembelajaran home based, perlu adanya peran dan kerja sama antara guru, orang tua atau pengasuh. Maka dari itu. Hal pertama yang dicek dan ditanyakan adalah ketersediaan orang tua dan pengasuh dalam proses pembelajaran ini. Hal ini mengingat bahwa siswa berkebutuhan khusus sangat mengandalkan pembinaan dan instruksi khusus seperti isyarat, prompt atau kegiatan sensorik yang membuat mereka tetap pada tugas. 

Cek keadaan Rumah 

Guru dapat menghubungi keluarga terlebih dahulu untuk memberikan pemahaman pada guru maupun pada keluarga. Guru juga bisa mengecek  hal-hal berikut :

  1. Apakah orang tua akan ada di rumah sepanjang hari?
  2. Apakah orang tua akan bekerja Ketika di rumah?
  3. Apakah tersedia internet?
  4. Peralatan elektronik apa yang akan siswa gunakan?
  5. Apakah ada ruang di rumah yang apat digunakan untuk aktivitas motorik kasar atau sensorik? 

Sangat disarankan oleh guru pendidikan khusus berupaya membangun lingkungan dan tujuan belajar yang sesuai bagi siswa dan keluarga mereka sebelum membuat daftar tugas dan kegiatan sehari-hari yang terperinci.

Terlibat secara proaktif (namun tetap fleksibel)

Orang tua juga cenderung membutuhkan bimbingan berkelanjutan dan  arahan dari pendidik. Guru dapat melakukan pengecekan secara teratur dengan keluarga melalui telepon, konferensi video, atau email untuk memastikan mereka merasa didukung.  Bahasa juga dipertimbangkan dan disesuaikan agar dapat terjadi komunikasi yang baik.  Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat grup kelas di google classroom dan sosial media lainnya. 

Praktek pembelajaran home based dan online class

Dalam praktek pembelajarannya, banyak hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.  Berikut ini hal yang dapat dilakukan dalam proses pembelajarannya : 

Membuat daftar kegiatan harian yang dipecah menjadi bagian-bagian kecil dengan banyak istirahat, jika memungkinkan dapat  mengikuti urutan yang sama dengan jadwal yang dimiliki siswa di sekolah. 

Karena banyak siswa berkebutuhan khusus merespons dengan baik isyarat visual, papan jadwal (ditulis atau digital) dengan gambar kegiatan yang mendorong siswa untuk tahu apa dan kapan kegiatan dilakukan. Bahkan kita bisa menggunakan timer dapur, yang mengingatkan siswa pada jadwal bel di sekolah. 

Orang tua mungkin bisa mencoba kegiatan belajar berlangsung di ruangan yang berbeda-beda di rumah. Hal ini karena siswa terbiasa berpindah lokasi di sekolah tergantung pada apa yang mereka pelajari.

Menyiapkan materi untuk orang tua dan pengasuh.

Disamping guru membuat video instruksional (atau arahan tertulis) untuk siswa, guru pendidikan khusus juga menyarankan untuk membuatnya bagi orang tua agar mengajari mereka cara mengatur dan mendukung anak-anak mereka dalam berbagai kegiatan. Guru juga dapat memikirkan cara orang tua dapat menggunakan benda yang ada di rumah untuk mengajarkan keterampilan, seperti tusuk gigi, atau uang, yang dapat digunakan untuk mempelajari sistem matematika

Tidak harus kegiatan pembelajaran sama persis seperti di sekolah. 

Tidak ada orang tua yang sempurna sehingga dapat membuat prakter belajar seperti guru dan sekolah. Hal ini karena banyaknya faktor keterbatasan waktu, sumber daya, dan keterbatasan sekolah. Maka dari itu, janganlah merasa tertekan karena tidak apa-apa jika tidak maksimal seperti menggantikan sekolah. Tidak apa-apa juga jika tidak dapat merencanakan setiap kegiatan. Yang terpenting adalah orang tua atau pengasuh sudah mengupayakan sebaik-baiknya dan mau bekerja sama dengan guru.  

Memenuhi kebutuhan sensorik dan gerakan: Modifikasi program dan Gunakan benda sederhana di rumah. 

Guru juga dapat menyesuaikan IEP dengan keadaan rumah. Maka guru bisa memodifikasi atau menambahkan apa saja yang bisa mendukung kegiatan sensorik dan gerakan anak di rumah. Lalu untuk mendukung kegiatan ini, orang tua dapat menggunakan benda-benda sederhana yang ada di rumah. Contohnya,  playdough dan bubble wrap atau game yang anak miliki di rumah. Dapat menggunakan beras dan kacang-kacangan yang diletakkan di dalam kantong sebagai pengganti rompi untuk memberikan rasa aman. Sementara kegiatan menulis dan menggambar dapat menggunakan krim cukur yang ternyata dapat mengurangi ketegangan sekaligus meningkatkan perkembangan bahasa anak. Bahkan memberikan pelukan dan membiarkan anak berlarian di luar dapat membantu anak dalam proses belajar.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu disiapkan dalam proses pembelajaran jarak jauh bagi kelas pendidika special. Dengan mengetahui ini, diharapkan para orang tua dan guru dapat menjalankan pembelajaran jarak jauh dengan tetap maksimal. 

By Salsabilatuzzahra Jaha from BehaviorPALS center 


Sumber :

Fleming, N. (2020). New Strategies in Special Education as Kids Learn From Home. Edutopia, The George Lucas Education Foundation, March27.

 

pendidikan spesial, home based, online

Special Needs / Berkebutuhan Khusus / Cognitive Development / Tumbuh Kembang Kognitif / Education / Pendidikan / Menyiapkan pembelajaran di rumah untuk siswa pendidikan spesial, apa yang harus dilakukan?

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.