Menjalin Pertemanan Bagi Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme | Salma Safira Sukma from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Menjalin Pertemanan Bagi Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme

friends

Menjalin pertemanan sangatlah penting bagi anak-anak karena dapat mendorong perkembangan sosial-emosional mereka dan membantu membentuk hubungan yang bermakna yang dapat berlangsung seumur hidup. Pertemanan juga merupakan pengalaman yang baik bagi anak-anak untuk belajar berempati, bernegosiasi, bekerja sama, dan memecahkan masalah. Selain itu, anak yang memiliki teman cenderung menunjukkan perilaku prososial, kemampuan bahasa, dan afek positif yang lebih tinggi. Pada sisi lain, anak yang kurang berhasil dalam berteman cenderung menunjukkan masalah emosional dan perilaku.  

Sayangnya, mengembangkan interaksi sosial dan persahabatan dapat menjadi tantangan bagi anak-anak dengan gangguan spektrum autisme. Hal ini dapat disebabkan oleh kesulitan mereka dalam komunikasi sosial, termasuk kemampuan memberi dan mengalihkan perhatian, berbagi perhatian bersama, mengenali ekspresi wajah, dan membaca situasi sosial. Beberapa anak autisme juga memiliki keterbatasan dalam komunikasi dan bahasa yang menambah kesulitan untuk memulai dan mempertahankan interaksi sosial atau membentuk pertemanan. 

Namun, anak-anak dengan autisme sebenarnya sangat ingin berteman, hanya saja mereka mungkin membutuhkan bantuan dari orang tua atau pengasuh dan orang lain untuk melakukannya. Mereka mungkin memerlukan bantuan untuk memulai dan mempertahankan percakapan, memahami ekspresi wajah dan bahasa tubuh, ikut berperan dalam kegiatan kelompok, menyesuaikan diri dengan situasi sosial baru, mengatasi kekalahan, dan menyelesaikan konflik sosial. Orang tua dapat mengajarkan keterampilan sosial kepada anak-anak mereka di rumah atau dengan bekerja sama dengan sekolah anak untuk mendorong lebih banyak kegiatan sosial. 

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anak-anak dengan autisme mempelajari keterampilan sosial dan menjalin pertemanan di rumah maupun sekolah:

1. Temukan kegiatan yang disukai anak

Hal ini adalah cara yang bagus untuk memulai latihan interaksi sosial karena anak-anak biasanya akan memberi perhatian dan terlibat dalam suatu kegiatan atau objek yang mereka anggap menarik. Orang tua dapat mulai mengidentifikasi minat dan kekuatan anak dan kemudian membantu mereka berinteraksi dengan anak-anak lain yang memiliki minat yang sama atau serupa. 

2. Menjadwalkan waktu bermain dengan “calon teman”

Orang tua dapat mengatur waktu bermain dengan anak-anak lain dari sekolah atau lingkungan yang sama yang tampaknya memiliki minat yang sama atau serupa dengan anak mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan mengajak mereka bermain di rumah Anda atau mengatur kegiatan di luar ruangan seperti pergi ke taman, museum, atau akuarium. Penting juga untuk mengajarkan keterampilan sosial dalam situasi yang berbeda dan dengan orang yang berbeda.

3. Gunakan permainan atau alat lain untuk membantu latihan

Permainan bisa menjadi alat yang bagus untuk mengajari anak-anak tentang berbagai keterampilan sosial. Misalnya, orang tua dapat mencetak gambar beberapa ekspresi wajah dan menempelkannya pada sebuah kotak untuk membuat “dadu emosi”, kemudian orang tua dan anak dapat bergiliran melempar dadu tersebut untuk mengidentifikasi emosi apa yang muncul. Orang tua juga bisa menggunakan permainan papan atau teka-teki, lalu orang tua dapat membuat kesalahan dengan sengaja saat bermain dan kemudian memperbaikinya untuk menunjukkan kepada anak bahwa setiap orang dapat membuat kesalahan dan hal itu dapat diselesaikan. Orang tua juga dapat memulai permainan percakapan di mana setiap orang harus bergiliran mengucapkan satu kata pada satu waktu atau berbicara dan mengajukan pertanyaan tentang topik tertentu.

4. Jika memungkinkan, mintalah staf sekolah untuk membuat program sosial 

Orang tua dapat meminta staf sekolah untuk membuat “program teman” atau lingkaran pertemanan untuk mendorong anak-anak dengan autisme agar lebih terlibat dalam interaksi sosial. Orang tua juga dapat mendorong sekolah untuk mengembangkan pelajaran keterampilan sosial yang terstruktur dan program untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan terhadap disabilitas di antara anak-anak dan orang tua lain di sekolah. Hal ini dapat membantu untuk menciptakan pola pikir positif dan kerjasama tim dengan orang tua lain dalam membantu anak-anak dengan autisme berteman di sekolah dan komunitas lain.

 

Referensi:

Chang, Y., Shih, W., & Kasari, C. (2015). Friendship in preschool children with autism spectrum disorder: What holds them back, child characteristics or teacher behavior? Autism, 20(1), 1-10. https://doi.org/10.1177/1362361314567761 

Friends and peers: Autistic children and teenagers. (2021, May 19). Raising Children Network. Retrieved November 9, 2022 from https://raisingchildren.net.au/autism/communicating-relationships/connecting/friends-peers-asd

Kids with autism need friends, too. (n.d.). Marcus Autism Center. Retrieved November 9, 2022 from https://www.marcus.org/autism-resources/autism-tips-and-resources/helping-kids-with-autism-make-friends 

Making friends - supporting your autistic child. (2020, August 12). National Autistic Society. Retrieved November 9, 2022 from https://www.autism.org.uk/advice-and-guidance/topics/family-life-and-relationships/making-friends/parents-and-carers 

Petrina, N., Carter, M., & Stephenson, J. (2014). The nature of friendship in children with autism spectrum disorders: A systematic review. Research in Autism Spectrum Disorders, 8, 111-126. https://doi.org/10.1016/j.rasd.2013.10.016 

 

Oleh: Salma Safira Sukma Ikhsani, S.Psi. dari BehaviorPALS

pertemanan, anak, autisme

Special Needs / Berkebutuhan Khusus / Social Development / Tumbuh Kembang Sosial / Education / Pendidikan / Menjalin Pertemanan Bagi Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.