Mengajarkan Keterampilan Percakapan pada Anak | Salma Safira Sukma from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Mengajarkan Keterampilan Percakapan pada Anak

talking

Keterampilan percakapan melibatkan kemampuan untuk memulai dan mempertahankan percakapan, mendengarkan dan berbicara secara bergiliran, serta menunjukkan komunikasi non-verbal seperti gerak tubuh, bahasa tubuh, dan kontak mata yang sesuai. Selain itu juga dengan memahami ekspresi atau emosi, memberi komentar, dan mengajukan pertanyaan terkait topik yang sedang dibicarakan. Meningkatkan keterampilan komunikasi pada anak-anak sangat penting sebagai bagian dari pengembangan keterampilan sosial mereka karena dapat membantu mereka menjalin pertemanan dan membangun hubungan yang bermakna di masa depan.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anaknya mengembangkan keterampilan berbicara dan salah satunya adalah menjadi teladan yang baik dalam percakapan. Anak-anak kebanyakan belajar dengan mengamati lingkungannya dan orang-orang disekitarnya, sehingga sangat mungkin anak Anda akan melihat dan belajar keterampilan berbicara dari cara Anda berinteraksi dan berbicara dengan orang lain. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memberikan contoh positif seperti bersikap ramah, melakukan kontak mata, mendengarkan dengan baik saat berbicara dengan orang lain, serta melibatkan bahasa tubuh dan nada bicara yang sesuai. Selain itu, berbicara dan menangani konflik secara positif dengan pasangan juga akan menjadi contoh yang baik untuk anak-anak Anda. Anda juga dapat meluangkan waktu keluarga di mana Anda dan pasangan terlibat dalam percakapan dan membicarakan tentang pekerjaan atau hari Anda sambil duduk di samping anak Anda. Melalui cara ini anak Anda dapat belajar bagaimana memulai dan menghentikan percakapan, cara bergiliran dalam berbicara, dan mendengarkan orang lain dengan cermat. 

Namun demikian, anak-anak mungkin masih membutuhkan stimulasi ekstra untuk mengembangkan keterampilan berbicara yang memadai. Pada hal ini, peran orang tua dan guru juga sangat besar dalam memberikan stimulasi yang tepat bagi anak untuk belajar, seperti memberikan petunjuk, pengingat, dan bimbingan. Anda dapat melatih keterampilan percakapan anak Anda dengan mengajukan pertanyaan secara bergiliran saat makan malam dan kemudian mendengarkan jawaban satu sama lain. Hal ini bisa terkait dengan hari mereka di sekolah, teman, atau topik lainnya. Berbagi pengalaman yang relevan, memberikan komentar pada cerita anak Anda, dan memberi saran tentang pembuka percakapan juga merupakan dorongan yang baik bagi mereka untuk terlibat dalam percakapan. Pada waktu luang Anda, Anda juga dapat bermain peran atau bermain game yang mendorong adanya percakapan timbal balik. Selain itu, ingatlah untuk memberikan pujian atas upaya anak Anda dalam melakukan percakapan dengan Anda atau orang lain. 

Kemudian, sangat penting juga bagi Anda untuk mengajari anak memperhatikan lawan bicaranya dan menghindari menyela atau berbicara balik. Misalnya, ketika anak Anda tampak tidak memperhatikan Anda ketika Anda berbicara dengannya atau ketika mereka berbicara dengan Anda tetapi pada saat yang sama bermain dengan mainannya, Anda dapat dengan lembut mengingatkan mereka untuk mengarahkan tubuhnya ke arah Anda dan melihat Anda. Pada sisi lain, untuk mengelola interupsi, Anda dapat mengajari anak Anda untuk mengatakan "permisi" atau menepuk tangan Anda dengan lembut dan menunggu Anda memberi respon sebelum mereka dapat berbicara dengan Anda. Anda juga dapat memberi tahu mereka kapan saat yang tepat untuk menyela, seperti dalam keadaan darurat. Selain itu, seiring bertambahnya usia anak Anda, ada kemungkinan mereka akan membalas perkataan Anda, seperti berdebat dengan nada suara yang kasar ketika Anda mencoba memberi mereka instruksi atau nasihat. Jika ini terjadi, cobalah untuk tidak memberikan banyak perhatian kepada mereka untuk menghindari penghargaan atas perilaku mereka secara tidak sengaja. Kemudian, tanggapi dengan tenang dan ingatkan mereka untuk berbicara dengan sopan dan hormat kepada orang lain. 

 

Referensi:

Conversation skills for children: Learning to talk and listen to others. (2020, November 27). Raising Children Network Australia. Retrieved December 9, 2022 from https://raisingchildren.net.au/preschoolers/connecting-communicating/communicating/conversation-skills#:~:text=Conversation%20skills%3A%20what%20they%20are%20and%20why%20they're%20important,-Conversation%20skills%20are&text=This%20involves%3A,taking%20turns%20talking%20and%20listening

Research brief: An update on HDI’s research in the field of developmental disabilities. (2013). Human Development Institute: University of Kentucky. Retrieved December 9, 2022 from https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED574738.pdf 

Teaching preschoolers conversational skills: 8 tips to engage your child. (2021, July 7). Petit: Early Learning Journey. Retrieved December 9, 2022 from https://www.petitjourney.com.au/preschoolers-conversational-skills/

Willard, M. (2022, November 30). Conversation skills in childhood. Cadey. https://cadey.co/articles/conversation-skills 

 

Oleh : Salma Safira Sukma Ikhsani, S.Psi. dari BehaviorPALS

keterampilan, percakapan, anak, mengajarkan

Pre-school 2 Years - 4 Years / 2 Tahun - 4 Tahun (Balita) / Social Development / Tumbuh Kembang Sosial / Education / Pendidikan / Mengajarkan Keterampilan Percakapan pada Anak

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.