Ketika sedang berdebat dengan pasangan, apa yang harus dilakukan? Tips komunikasi dengan Pasangan. | Salsabilatuzzahra Jaha S.Psi. from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Ketika sedang berdebat dengan pasangan, apa yang harus dilakukan? Tips komunikasi dengan Pasangan.

problem in married life

Dalam sebuah kehidupan berumah tangga, mengalami sebuah perdebatan merupakan hal yang biasa dan selalu ditemui. Tentu hal ini terjadi dimana pernikahan adalah menyatukan 2 individu berbeda dalam 1 rumah. Perbedaan tersebutlah yang akan memunculkan sebuah perdebatan. Janganlah khawatir karena hal tersebut sangatlah wajar dan normal dalam berkehidupan rumah tangga. Namun perdebatan yang tidak diselesaikan dengan baik tentunya akan berdampak pada hubungan. Maka perdebatan tersebut perlu kita komunikasikan agar mendapat penyelesaiannya.


Betulkah kita hanya perlu diam hingga masalah mereda? 

Betulkan diam adalah emas? tentu ini betul namun tidak selamanya diam itu adalah emas. Ketika terjadi sebuah perdebatan, banyak pasangan yang pada akhirnya hanya diam dan tidak menyelesaikan masalah. Atau contoh lain pasangan akan melakukan silent treatment kepada pasangannya dengan berharap ia sadar akan kesalahannya. Hal ini sangatlah tidak menyelesaikan masalah bahkan akan memperburuk hubungan. Silent treatment terbukti dapat memicu otak mengaktifkan rasa sakit fisik, dan emosi. Diam yang tepat ketika anda dan pasangan hening dan diam untuk memberikan waktu anda berpikir atas apa yang telah didiskusikan sebelumnya

 

Komunikasikan kepada Pasangan

Komunikasi menjadi kunci kelangsungan hubungan rumah tangga. Banyak pasangan yang mengabaikan komunikasi sehingga berdampak kah pada hubungan mereka. Ketika sedang terjadi perdebatan khususnya, akan lebih baik anda dapat membangun komunikasi yang baik. Berikut ini tips untuk memulai komunikasi dengan pasangan: 

  1. Memberikan intensi penuh ketika sedang berbicara dengan pasangan. 

Komunikasi yang baik terjalin saat pembicaraan antara dua orang intens. Kebanyakan pasangan tidak melakukan pembicaraan intens dan banyak terdistraksi dengan handphone atau hal lainnya. Maka dari itu, luangkan waktu untuk berbicara dengan pasangan sebaik-baiknya dengan mematikan handphone atau benda yang sekiranya dapat mendistraksi pembicaraan anda. 

  • Gunakan lebih banyak pernyataan "Saya" dan lebih sedikit pernyataan "Anda".

Pernyataan “Kamu” cenderung bernada negatif bagaikan anda menyalahkan pasangan anda. Anda bisa menggunakan kalimat seperti “Saya harap kamu bisa menghargai saya yang sudah mengurus rumah dan mengurus anak” dibanding dengan “Kamu itu tidak pernah menghargai saya!”

  • Jadilah spesifik saat masalah muncul

Saat terjadi masalah A, maka memfokuskan pembicaraan mengenai masalah A dan hal yang masih berkaitan dengan masalah A. Janganlah membuat pembicaraan meluas dengan berkata “Kamu itu selalu begini tiap ada masalah!”

  • Hindari memiliki prasangka berlebih 

Jika orang lain bertindak seolah-olah mereka lebih tahu dari apa yang anda pikirkan, itu bisa membuat frustasi. Jika Anda ingin mengetahui sesuatu dari pasangan, cobalah tanyakan, tapi tolong jangan membuat asumsi berlebih. Kemudian, jika Anda ingin mengatakan sesuatu kepada pasangan anda, misal jika Anda ingin jalan-jalan malam atau membutuhkan bantuan mencuci piring, maka katakan saja. Jangan memberikan petunjuk atau kode dan hanya berharap pasangan Anda mengetahui apa yang sebenarnya Anda inginkan.

  • Ekspresikan perasaan negatif secara konstruktif

Perasaan negatif juga penting untuk dikomunikasikan. Perasaan negatif seperti kekesalan, kekecewaan, ketidak setujuan ataupun penolakan. Namun, ini juga tentang bagaimana anda dapat mengekspresikan perasaan tersebut dengan lebih baik. Contohnya anda bisa menyampaikan kekecewaan anda dengan “Saya kecewa anda pulang telat malam ini” dibanding dengan menyampaikan “Kamu itu gak pernah peduli sama saya dan anak-anak karena selalu pulang telat!”. 

  • Ekspresikan perasaan positif dengan bebas! 

Tentu saja jangan melupakan untuk mengungkapkan perasaan positif kepada pasangan anda. Walaupun memang akan lebih mudah untuk mengungkapan perasaan negatif, namun memberikan afirmasi positif kepada pasangan akan membangun hubungan pernikahan menjadi lebih sehat. Menunjukan penghargaan, kasih sayang, rasa hormat, kekaguman, persetujuan dan kehangatan pada pasangan Anda seperti membuat deposito ke dalam akun cinta anda. 

  • Bersedia untuk meminta maaf dan memberikan maaf 

Mungkin ini akan menjadi sangat sulit namun dengan berbesar hati seperti ini maka rumah tangga akan menjadi lebih baik. Kita tidak bisa selamanya selalu benar begitupun ketika berargumen dengan pasangan. 


Itulah tadi beberapa tips dalam membangun komunikasi dengan pasangan. Semoga dapat bermanfaat!

Oleh Salsabilatuzzahra Jaha S.Psi dari BehaviorPALS Center 


Source: First thing (3 April 2023). https://f.hubspotusercontent00.net/hubfs/2294702/The%20Magic%20of%20Communication%20In%20Marriage%20(1).pdf

 

Pernikahan, pertikaian, Debat, Masalah

Newborn 0 - 6 Months / Newborn 0 - 6 Bulan / Marriage & Relationship / Hubungan Suami & Istri / Family / Keluarga / Ketika sedang berdebat dengan pasangan, apa yang harus dilakukan? Tips komunikasi dengan Pasangan.

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.