Ketika anak saya tantrum di tempat umum, apa yang dapat saya lakukan? | Salsabilatuzzahra Jaha S.Psi. from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Ketika anak saya tantrum di tempat umum, apa yang dapat saya lakukan?

anak menangis di tempat umum

Sebagai orang tua, pasti pernah mengalami ketika anak sedang tantrum. Tidak peduli seberapa tenang atau baik kita sebagai orang tua, anak tetap mengalami ledakan emosi tantrum. Tantrum sendiri merupakan cara yang belum dewasa untuk mengekspresikan kemarahan atau frustasi. Biasanya tantrum terjadi kapan saja dan dimana saja. Bentuknya biasanya perilaku menangis, berteriak, menjatuhkan diri ke lantai ataupun perilaku maladaptif lainnya. Sebagai orang tua kita pasti mengalami kesulitan ketika anak sedang tantrum terutama jika tantrum di tempat umum. Kita akan bingung apa yang harus dilakukan, Tindakan apa yang sebaiknya di perbuat. Kita perlu mengajari anak-anak bahwa marah itu normal, tetapi itu harus disalurkan dengan tepat. Anak juga perlu belajar bahwa dengan cara tantrum, kita tidak akan mengubah pikiran kita. Tantrum jika tidak ditangani dengan tepat akan menghasilkan  perilaku bermasalah di masa depan.


Kenali apa penyebab anak mengalami tantrum

Tantrum merupakan perilaku. Ingatlah bahwa semua perilaku memiliki fungsi dan tujuan. Sangatlah penting untuk mengetahui apa tujuan anak melakukan tanrum. Secara garis besar fungsi perilaku terbagi menjadi 4. Pertama, karena kebutuhan atau kesenangan Sensori (sensory). Kedua,  karena menginginkan perhatian (Attention) baik dari orang tua maupun dari orang sekitar. Ketiga, karena sedang berusaha melarikan diri (Escape)  baik dari tugas maupun dari situasi yang mereka kurang suka. Keempat, karena ada sesuatu item yang diinginkan (tangible). Biasanya mereka frustasi dan sulit untuk mengkomunikasikan kepada orang tua mengingat karena anak dalam masa perkembangan untuk komunikasi. Kita sebagai orang tentu perlu mengerti apa penyebab dan apa yang diinginkan anak. Dari situ kita akan mengajari anak untuk memverifikasi emosinya dan mengajari mengkomunikasikan apa yang ia mau dengan cara yang lebih baik,

Respons ketika anak sedang tantrum

Ketika anak mengalami tantrum, orang tua akan merasa bingung apa yang harus dilakukan. Apalagi keadaannya ketika sedang berada di tempat umum. Secara umum, Jadilah model yang baik dengan tetap tenang dan tidak berteriak atau mengamuk ketika anak tantrum, lalu pujilah anak Anda ketika ia dapat mengendalikan amarahnya, secara verbal mengekspresikan kemarahannya, dan kooperatif. Hindari merespon tantrum dengan perilaku agresif seperti memukul atau berteriak balik karena itu menyampaikan kepada anak Anda bahwa Anda juga di luar kendali. Coba gunakan respons berikut ketika menghadapi situasi dimana anak tantrum di tempat umum.

  • Tetap tenang, cobalah dukung dan bantu anak-anak yang mengalami tantrum karena frustasi atau kelelahan

Ketika berpergian keluar, sangat memungkinkan bahwa anak akan merasa kelelahan. Ia akan merasa frustasi ,  risih dan mulai menangis atau perilaku agresif lainnya. Orang tua diharuskan untuk tenang, karena anak membutuhkan dorongan dan orang tua yang mendengarkan. Orang tua dapat merangkulnya dan juga coba tawarkan minum atau waktu break untuk anak dapat mengistirahatkan dirinya. Setelah anak lebih tenang, coba berikan perhatian lebih dan penuhi waktu istirahatnya.

  • Mencoba untuk tidak merespon berlebihan ketika anak tantrum.

Ketika kita bepergian, biasanya anak mungkin tantrum karena mereka ingin sebuah perhatian lebih dari orang tua atau ada sesuatu yang mereka inginkan. Mereka ingin bersama Anda daripada ditinggalkan dengan baby-sitter, ingin permen, atau ingin menginginkan suatu benda yang mereka lihat . Mereka mungkin mencari perhatian Anda dengan merengek, menangis, menjatuhkan diri ke lantai atau berteriak. Memang agak sulit jika di tempat umum untuk mengabaikannya. Namun, hal yang anda dapat lakukan adalah :

  • Cobalah pindah ke tempat yang lebih aman untuk anak anda melampiaskan emosinya. Diusahakan juga untuk memilih tempat yang akan minim penonton.
  • Anda bisa mengabaikan anak anda untuk ia dapat melampiaskan emosinya. Hindari untuk memberikan respon seperti teguran atau kontak mata.
  • Namun, anda juga tetap mengawasi dan memastikan anak aman.
  • Setelah anak tenang, coba respon dengan memujinya karena sudah tenang. Lalu jika ia menginginkan perhatian anda bisa memeluknya dan berikan perhatian. Perlahan anda perlu mengajari anak cara meminta sebuah perhatian dengan cara yang lebih appropriate.
  • Jika anak tantrum karena menginginkan suatu item, anda bisa memberikannya setelah anak tenang. Namun sebelum anak mendapatkan item yang diinginkannya, anda bisa mengajarkan anak anda untuk meminta dengan cara yang baik. Jika ia mau mengikutinya, maka item yang diinginkan anak bisa diberikan kepadanya.
  • Jika barang yang diinginkan anak merupakan barang yang berbahaya atau tidak baik untuk anak. Anda bisa memberikan alternative barang lain yang lebih baik dan mengajarkan anak bahwa item tersebut tidak baik bagi dirinya.
  • Sebaiknya sebelum pergi keluar, anda bisa membuat kesepakatan atau pilihan dengan anak anda. “Kita akan pergi ke minimarket, kamu akan ikut namun kamu hanya bisa membeli 2 item barang saja. Jika kamu mengamuk kamu tidak akan mendapatkan barang tersebut” atau kesepakatan lainnya sehingga anak akan mengetahui apa yang akan dihadapinya dan konsekuensi apa yang didapat jika ia melakukan perilaku agresif.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan saat anak anda mengalami tantrum ketika berada di tempat umum atau luar rumah. Memang hal ini adalah hal sulit yang orang tua hadapi dimana anak memang belum bisa untuk meregulasi emosinya. Namun dengan penanganan yang tepat anak akan perlahan belajar dan perilaku agresif ini tertangani dengan harapan akan mengurangi perilaku agresif di masa depan.  

Oleh Salsabilatuzzahra Jaha S.Psi dari BehaviorPALS Center


Sumber :

Schmitt, BD. How to Deal with Temper Tantrums. Handout from www.BaysideMedical.com: https://www.stanfordchildrens.org/content-public/pdf/bayside-medical-group/BMG%20Handout%20-%20%20Tantrum.pdf

More references :

Schmitt, BD (1987). Your Child’s Health. New York, Bantam Books, Inc.

Tantrum, Anak. Menangis

Pre-school 2 Years - 4 Years / 2 Tahun - 4 Tahun (Balita) / Parenting / Pola Asuh / Family / Keluarga / Ketika anak saya tantrum di tempat umum, apa yang dapat saya lakukan?

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.