Kegiatan Rumah untuk Meningkatkan Perkembangan Keterampilan Motorik Halus | Salsabilatuzzahra Jaha S.Psi. from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Kegiatan Rumah untuk Meningkatkan Perkembangan Keterampilan Motorik Halus

kegiatan di rumah untuk meningkatkan motorik halus

Perkembangan Motorik Halus, Apa pentingnya?

Kemampuan motorik halus sangat diperlukan untuk kehidupan sehari-hari. Kemampuan motorik halus diantaranya seperti menulis, menjahit, menggunting dan keterampilan tangan menggunakan benda-benda kecil. Pada masa anak-anak, kemampuan motorik halus sedang berkembang. Maka akan lebih bagus jika kita terus melatih dan meningkatkan kemampuan motorik halus anak-anak. Belajar dan berlatih kemampuan motorik tidak hanya dilakukan di sekolah tapi kita bisa melakukannya di rumah. Apalagi disaat sedang ada pandemi seperti ini yang membatasi aktivitas di luar. Dengan menggunakan bahan yang tersedia di rumah, kita bisa melakukan Latihan. Berikut ini beberapa aktivitas rumah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus.

Kegiatan Menggunting

Berlatih kekuatan tangan dan jari di rumah

Anak-anak harus memiliki kekuatan dan ketangkasan di tangan dan jari-jari mereka sebelum diminta untuk menggunakan pensil di atas kertas. Berikut adalah beberapa kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan anak-anak di rumah untuk mengembangkan keterampilan penting ini.

1. Manfaatkan playdough di rumah. Jika tidak ada playdough, kita bisa membuatnya dari campuran tepung dan air yang ada di rumah. Kita bisa mencetak, gulung, memotong menggunakan pisau plastik dan membentuk bola-bola menggunakan jari. Setelah itu kita bisa memanfaatkan tusuk gigi untuk membuat pola ataupun menusuk playdough.

2. Kita juga dapat memanfaatkan koran atau kertas yang sudah tidak terpakai. Kita bisa ambil koran, kemudian sobek koran menjadi potongan-potongan dan kemudian remas menjadi bola. Gunakan bola kertas sebagai isian untuk orang-orangan sawah, boneka, atau proyek seni lainnya.

3. Kita bisa menggunakan pinset yang digunakan untuk mengambil objek atau benda-benda seperti koin, bola-bola kecil, lego dll.

4. Gunakan kegiatan mengikat dan menjahit menggunakan tali sepatu atau benang yang tersedia di rumah. Kita dapat merangkai manik-manik, merangkai sedotan, mengikat tali-tali sepatu dll

5. Manfaatkan kopi yang ada di rumah. Kita dapat gunakan untuk membuat lukisan-lukisan kreatif di atas kertas dengan menggunakan kopi

6. Memanfaatkan tisu yang ada di rumah. Caranya dengan gulung bola-bola kecil dari kertas tisu, lalu rekatkan bola-bola itu ke atas kertas berpola untuk membentuk gambar atau desain.

Aktivitas Menggunting

Menggunting merupakan salah satu aktivitas yang dapat dilakukan di rumah. Ketika gunting dipegang dengan benar dan pas di tangan anak, kegiatan menggunting akan melatih otot-otot yang sama yang diperlukan untuk memegang pensil dengan benar. Yaitu antara ibu jari dan jari telunjuk dengan pensil diletakkan di jari tengah. Posisi gunting yang benar adalah dengan ibu jari dan jari tengah di gagang gunting, jari telunjuk di luar pegangan untuk menstabilkan, dengan jari empat dan lima melengkung ke telapak tangan. Perlu diperhatikan bahwa kegiatan ini perlu harus dengan bimbingan dan pengawasan orang tua.

1. Guntinglah koran atau kertas-kertas yang sudah tidak terpakai.

2. Menggunting pola di kertas yang memiliki gambar pola (kita bisa menggambar pola sederhana seperti lingkaran, segitiga, dll)

3. Potong Play-Doh dengan gunting.

4. Potong sedotan atau kertas robek.

Aktivitas Sensorik

Kegiatan berikut bisa dilakukan di rumah untuk meningkatkan daya sensorik anak. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot besar. Kegiatan ini juga memperkuat kesadaran anak terhadap tangannya.

1. Berjalan seperti kepiting

2. Permainan tepuk tangan (keras/pelan, bersama-sama, dll.)

3. Menangkap (menepuk) gelembung di antara tangan

4. Bermain dengan pasir, beras atau kita dapat membuat slime dengan menggunakan tepung, air dan campuran pewarna. Campuran tepung  ini memberikan umpan balik ke reseptor otot dan sendi, sehingga meningkatkan kontrol motorik visual.

5. Kita juga bisa menebak benda-benda kecil seperti koin, manik-manik, beras atau benda bertekstur lainnya dengan mata tertutup. Cara ini dilakukan untuk membantu mengembangkan kesadaran sensorik anak.

Itulah tadi beberapa kegiatan untuk meningkatkan perkembangan motoric halus anak yang dapat dilakukan di rumah. Semakin banya kegiatan tersebut dilakukan maka akan semakin baik dalam perkembangan motoric halus anak yang nantinya sangat berguna pada masa yang akan datang.


Oleh Salsabilatuzzahra Jaha dari BehaviorPALS Center

Sumber :

https://www.therakids.org/media/pdf/FineMotorActivitiesForHome.pdf 

Kegiatan Rumah. Tips, Motorik Halus

Pre-school 2 Years - 4 Years / 2 Tahun - 4 Tahun (Balita) / Fine Motoric / Motorik Halus / Education / Pendidikan / Kegiatan Rumah untuk Meningkatkan Perkembangan Keterampilan Motorik Halus

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.