Hal yang perlu dilakukan orang tua ketika anak akan memiliki adik! | Salsabilatuzzahra Jaha S.Psi. from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Hal yang perlu dilakukan orang tua ketika anak akan memiliki adik!

bersaudara

Dalam sebuah keluarga biasanya memiliki lebih dari 1 orang anak. Bertambahnya anggota keluarga ini menjadi suatu hal yang membahagiakan. Seorang anak tunggal akan berganti peran menjadi seorang anak sulung dan menjadi seorang kakak. Namun di banyak kasus, banyak anak yang menolak kehadiran adiknya. Mereka menganggap kehadiran adik akan merebut kasih sayang dan perhatian orang tuanya. Maka perlunya pemberian pengertian dilakukan kepada orang tua kepada anak. Berikut hal yang dapat orang tua lakukan dalam mempersiapkan anak selanjutnya: 


Persiapan memiliki adik harus dilakukan ketika anda mengetahui bahwa anda hamil atau memiliki rencana mengadopsi anak. Maka hal yang dapat anda lakukan adalah : 

  • Beritahu anak bahwa dia akan memiliki adik!

Ketika diketahui bahwa anda hamil atau anda ingin mengadopsi anak. Bicaralah kepada anak anda mengenai kehadiran bayi atau adik baru. Anda bisa menjelaskan kepada anak anda dimana bayi berada. Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Anda juga bisa mengedukasi mereka lewat buku bergambar tentang memiliki saudara. Saat ini ada banyak buku yang bisa anda dapatkan mengenai edukasi memiliki saudara baik bisa anda dapatkan dari toko buku, perpustakaan maupun e-book. 

  • Katakan anak bahwa kamu selalu mencintainya!

Tanpa kita sadari, anak akan merasakan cemburu dan takut “direbut” oleh adiknya ketika ia mulai mengetahui bahwa dia akan memiliki saudara. Maka kita sebagai orang tua haruslah tetap meyakinkan anak dan memvalidasi perasaannya bahwa kita selalu mencintai mereka. Katakan pada mereka bahwa kita selalu mencintai mereka. Ini juga dilakukan untuk meyakinkan perasaan anak bahwa perasaan kita tidak akan berubah. Jika anak tertarik, kita jika bisa mengikutsertakan mereka dalam mempersiapkan kebutuhan adik baru. 

  • Ajari anak anda mengenai bayi!

Selanjutnya, hal yang bisa kita lakukan adalah mengajari mereka anak mengenai bayi. Jika anda memiliki seseorang seperti saudara atau kerabat yang memiliki bayi maka anda dapat memperkenalkannya kepada anak anda. Anda juga bisa mengajari bahwa bayi masih sangat bergantung dan rapuh. Jelaskan juga pada anak bahwa setiap orang haruslah memperlakukan lembut si bayi. anda juga bisa mengajari “sentuhan lembut” dengan boneka yang ada di rumah. Dan yang terpenting, anda juga dapat mengajari mengenai peran spesial kepada anak sebagai kakak nantinya.  

  • Jelaskan kebutuhan bayi dan hal yang bisa dilakukan sebagai kakak!

Banyak anak yang akhirnya marah dan tantrum ketika melihat ibunya sedang menaruh perhatian kepada bayi. Hal ini karena mereka masih belum mengerti kebutuhan bayi. Maka anda dapat menjelaskan kepada anak bahwa bayi harus dan sering makan banyak. Biasanya akan sulit bagi anak ketika ia melihat anda sedang  menyuapi bayi anda tanpa perasaan dilupakan. Selain menjelaskan, anda juga bisa mengikutsertakan mereka pada kegiatan anda dengan bayi anda. Anak bisa membantu anda untuk memegang bantal untuk adik. Membantu membawakan lap dan belajar membersihkan bekas makan adik. Ide untuk makan bersama adik dan lain sebagainya Anda bisa mendiskusikan bersama anak kegiatan apa yang bisa dilakukan

  • Berbicara mengenai emosi dengan anak!

Mengkomunikasikan mengenai emosi juga sangatlah penting. Hal ini untuk mengetahui apa yang dirasakan serta apa yang ingin diperbaiki. Maka anak perlu mengetahui emosi apa saja yang ada dan dirasakan terutama ketika memiliki seorang adik. Anda bisa mengimajinasikan bersama anak merasakan senang, excited, frustasi, marah dan cemburu, Semua emosi ini hadir ketika bayi hadir. Maka yakinkan pada anak bahwa hal itu wajar dan tidak apa-apa. 

Persiapkan anak anda bahwa kebutuhan adik bayi tidak dapat ditunda. Jadi terkadang anak akan diminta untuk menunggu. Bersama-sama, pilihlah kata yang anak gunakan untuk mengetahui bahwa ia sedang kesal "aku mau perhatian" dibanding dengan anak meminta perhatian dengan cara yang kurang baik seperti tantrum dll.

Langkah-langkah tersebut bisa dilakukan orang tua ketika akan memiliki anak kedua. Tidak hanya ibu, namun ayah juga berperan penting dalam mempersiapkan anak ketika memiliki adik. Semoga tips diatas dapat bermanfaat!

Oleh Salsabilatuzzahra Jaha S.Psi dari BehaviorPALS Center


Sumber : Program, F. B. (2020). Preparing your toddler for a sibling . Mexico City: Santa FE Community College.

https://firstbornprogram.org/wp-content/uploads/2020/toddler-years/new-baby/2-Preparing-7_1.pdf

 

Persiapan, Memiliki, Adik

Toddler 18 Months - 24 Months / 18 Bulan - 24 Bulan (Batita) / Parenting / Pola Asuh / Family / Keluarga / Hal yang perlu dilakukan orang tua ketika anak akan memiliki adik!

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.