Hal yang diperhatikan sebelum melakukan Toilet Training! | Salsabilatuzzahra Jaha S.Psi. from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Hal yang diperhatikan sebelum melakukan Toilet Training!

toilet training

Toilet training merupakan salah satu latihan yang dilakukan oleh anak balita dalam keterampilannya menggunakan toilet. Hal ini sangat penting mengingat salah satu hal alamiah manusia adalah sistem ekresi. Ini juga merupakan langkah besar pada anak untuk mempelajari sinyal tubuh dan bertanggung jawab pada tubuhnya. Maka ada baiknya jika kita dapat melakukan toilet training yang berhasil.  Namun seperti training pada umumnya, toilet training juga memiliki tantangan dalam prosesnya. Maka ada baiknya jika kita mengetahui hal apa saja yang harus disiapkan sebelum melakukan toilet training.


Kapan usia yang tepat menggunakan toilet? 

Banyak orang tua yang lebih mementingkan usia dibanding dengan kesiapan anak. Memang benar rentang usia anak yang siap ialah antara usia 18 bulan sampai 2,5 tahun. Namun, perlu diketahui bahwa setiap anak berbeda. Begitu pula kesiapannya untuk melakukan toilet training. Berikut ini tanda-tanda perilaku bahwa anak anda siap untuk melakukan toilet training : 

  • Dapat mengikuti perilaku anda dan mengikuti perintah yang sederhana. 
  • Dapat mengatakan kata untuk "pipis" dan "pup" dan menunjukan ketertarikan melihat orang lain menggunakan toilet. 
  • Dapat menaik dan turunkan celana mereka. 
  • Dapat tetap kering selama 2 jam atau lebih dalam sehari. Ini menunjukan bahwa anak anda telah perkembang di titik di mana mereka dapat menahan tetap kering selama 2 jam atau lebih dalam sehari.
  • Dapat memberitahu anda bahwa saat mereka sedang atau telah selesai pipis atau pup atau memberitahukan ketika popok dan celananya sudah penuh. 

Tanda lainnya seperti : 

  • Memiliki gerakan untuk pup di waktu yang sama dan konsisten. 
  • Sudah tidak ingin memakai pampers atau sudah mulai tertarik dengan konsep "sudah besar". 
  • Mencoba untuk melepaskan popoknya yang kotor atau basah, dan juga meminta untuk diganti. 

Sebenarnya, anak anda tidak harus menunjukan semua tanda-tanda tersebut. Namun itu akan membantu anda jika untuk tahu kapan anak siap dengan melihat banyak tanda tersebut. 

Orang tua juga harus siap! 

Selain itu tidak hanya anak saja yang dipastikan harus siap melakukan toilet training, untuk orang tua berikut tanda-tanda anda sudah siap melakukan toilet training pada anak : 

  • Anda memiliki waktu. Toilet training tidak akan berhasil jika kita tidak bisa terus berkomitmen untuk terus melakukan itu.
  • Anda telah mengajari anak anda kata atau kalimat yang digunakan keluarga anda seputar toilet. Semua nyaman menggunakan kata tsb dan telah membagikannya kepada guru atau pengasuh.
  • Anda menyadari kemungkinan tantangan dan kemunduran, memiliki ekspektasi yang realistis, dan siap mendukung anak Anda dengan banyak hal positif

Anda juga harus : 

  • Mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang toilet training. Bisa dari membaca buku atau menonton video bersama anak Anda. Ini membantu mereka belajar dengan cara yang menyenangkan bahwa normal bagi setiap orang untuk buang air kecil dan buang air besar
  • Biarkan anak Anda pergi bersama Anda ke toilet dan bicarakan apa yang Anda lakukan, jika Anda merasa baik-baik saja melakukannya. Memahami kegunaan toilet, untuk apa toilet itu adalah langkah pertama dalam mempelajari cara menggunakannya
  • Ajari anak Anda kata-kata yang diperlukan untuk pelatihan toilet, seperti basah, kering, wee, poo, itu datang. Pilih kata-kata yang membuat Anda nyaman
  • Pastikan area toilet aman. Jauhkan pembersih rumah tangga dan perlengkapan mandi dari jangkauan anak.
  • Pakaikan anak Anda dengan pakaian yang mudah dipakai dan dilepas, serta mudah dicuci. Pelatihan toilet bisa lebih mudah dalam cuaca yang lebih hangat karena lebih sedikit pakaian yang harus dilepas dengan tergesa-gesa
  • Pelajari isyarat anak Anda sehingga Anda siap membimbing mereka ke toilet tepat waktu. Penting untuk menyiapkan toilet atau pispot.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Beberapa anak membutuhkan waktu 3 hingga 4 minggu untuk mengetahui bagaimana dan kapan harus pergi ke toilet sementara beberapa anak tampaknya bisa melakukannya dalam beberapa hari. Setiap anak memiliki waktunya tersendiri. Beberapa anak ada yang bisa ketika pup terlebih dahulu dan lainnya. Cukup sering anak perempuan yang melakukan toilet training lebih awal daripada anak laki-laki, tetapi tidak selalu demikian. Jika anak Anda tidak mengalami kemajuan setelah sekitar 4 minggu, mereka mungkin belum siap. Tunggu beberapa minggu dan coba lagi

Hal diatas akan membantu anda dalam mengetahui dan menyiapkan diri dalam melakukan toilet training kepada anak. Konsistensi dan kesabaran dalam terus mengupayakan toilet training akan membawakan hasil yang baik. Selalu semangat para orang tua!

Oleh Salsabilatuzzahra Jaha S.Psi dari BehaviorPALS Center


Sumber : 

Boston University. (2020, July 1). Toilet Training. Retrieved from Boston University Web: https://www.bu.edu/childrens-center/files/2020/07/Toilet-Training-1.pdf

Province of Manitoba. (2022, November 28). Health. Retrieved from Province of Manitoba Web: https://www.gov.mb.ca/health/documents/toilet.pdf 

Toilet training, anak, orang tua

Children 4 Years - 6 Years / 4 Tahun - 6 Tahun / Parenting / Pola Asuh / Family / Keluarga / Hal yang diperhatikan sebelum melakukan Toilet Training!

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.