Cara Untuk Meningkatkan Minat Anak Dalam Menulis | Salsabilatuzzahra Jaha S.Psi. from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Cara Untuk Meningkatkan Minat Anak Dalam Menulis

teach children to writing

Menulis adalah salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam proses belajar. Membaca dan menulis tidak dapat dipisahkan layaknya sebuah kesatuan. Individu tidak hanya mengandalkan kemampuan membaca saja namun juga harus diiringi dengan menulis. Begitupun sebaliknya. Menulis juga merupakan salah satu media komunikasi serta media untuk mengekspresikan pikiran, perasaan dan pengalaman. Di zaman sekarang ini yang sangat mengandalkan sosial media, kemampuan menulis sangatlah dibutuhkan. Contohnya saat membuat postingan, mengirim email, ataupun mengabari keluarga lewat sosial media. Maka disinilah kita menyadari bahwa pentingnya kemampuan menulis. 

Namun, belajar menulis terkadang tidaklah mudah bagi anak. Keterampilan ini membutuhkan proses dan waktu. Seringkali orang tua atau guru menemukan kendala saat mengajari anak menulis. Ada yang menolak, atau mengabaikan. Disini hal yang perlu kita tingkatkan adalah bagaimana meningkatkan motivasi anak untuk mau belajar menulis. Dengan meningkatnya motivasi, maka anak akan mau belajar menulis dan proses belajar ini jauh menjadi menyenangkan. Berikut ini dipaparkan beberapa cara untuk meningkatkan motivasi anak untuk menulis : 


1. Biarkan mereka membayangkan imajinasinya! 

Biarkan sebuah cerita muncul pada pikiran mereka. Caranya dengan meminta anak merekam imajinasi mereka lalu menuliskannya diatas kertas. Cara ini dapat digunakan baik orang tua dan guru. Dengan bantuan dan dorongan yang gigih, akan membuahkan hasil yang baik. 

2. Ceritakan Kembali Kisah Terkenal

Ini adalah kegiatan menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan. Banyak anak yang sudah familiar dengan kisah-kisah dongeng atau cerita rakyat seperti pinokio, si kancil dan lain-lain. Kita dapat meminta anak untuk menceritakan kembali cerita favorit mereka dengan kata-kata mereka sendiri.

3. Memainkan Beberapa Permainan Menulis

Kita bisa memainkan permainan menulis. Dengan bermain, anak akan belajar dengan cara menyenangkan. Salah satu contoh permainan menulis adalah ubah kata. Caranya, guru akan memberikan menuliskan sebuah kalimat di atas kertas. Lalu kertas itu diberikan pada pemain selanjutnya. Tugas setiap pemain adalah mengubah salah satu kata pada kalimat tersebut. Lalu setelah tiba pada pemain terakhir, maka pemain terakhir wajib membacakan hasil kalimatnya.  Ketika kalimat terakhir dibacakan, semua orang akan kagum pada bagaimana satu kata dapat sepenuhnya mengubah cerita atau pesan. Permainan menulis lainnya adalah membuat kalimat. Pertama, seorang anak akan memulai cerita dengan menulis sebuah kalimat. Lalu anak selanjutnya akan menambahkan kalimat sehingga tercipta sebuah cerita. Kita juga bisa menggunakan kesempatan ini Ketika anak merengek sesuatu.  Minta anak untuk menuliskan apa yang ia inginkan, mengapa ia menginginkan itu, apa yang akan dia lakukan jika telah mendapatkannya dan mengapa ia pantas mendapatkan  hal tersebut. Tentu perlu kita ingatkan bahwa pendapatnya bukan jaminan ia bisa mendapatkan apa yang dia inginkan, lebih kepada akan meningkatkan peluang ia akan mendapatkan hal tersebut.  

4. Menulis Tentang Pengalaman

Pengalaman yang menyenangkan dapat membantu anak dalam meningkatkan motivasinya untuk menulis. Pengalaman tersebut dapat menjadi hal favorit bagi anak-anak. Kita dapat meminta anak untuk menulis pengalaman mereka saat mereka mengunjungi pantai. Memberikan sedikit bantuan berupa petunjuk menulis sebelum mereka pergi akan sangat berguna. Kita juga bisa meminta anak untuk menuliskan aktivitas favorit mereka. kita juga dapat membuat beberapa pertanyaan atau instruksi untuk membantu anak dalam membangun sebuah cerita. Berikut beberapa pertanyaan yang dapat kita bangun : 

  • Apa yang paling kamu sukai? Bermain pasir, berenang, atau bermain bola di pantai? 
  • Tulis tentang hewan yang paling kamu sukai!
  • Tulis tentang tempat favorit, tempat wisata atau kegiatan yang kamu lakukan ketika sampai di rumah!

5. Menulis bebas dan menulis kreatif

Guru juga dapat menggunakan cara menulis bebas dan menulis kreatif. Menulis bebas bisa dilakukan dengan cara anak dapat menulis suatu topik tanpa dibatasi. Sedangkan untuk menulis kreatif, bisa dengan cara anak membuat dialog atau cerita dari tokoh terkenal. Dua cara menulis ini dapat memotivasi anak untuk menulis lebih banyak.

Anak-anak cenderung akan belajar lebih cepat jika mereka sudah termotivasi.  Adalah tugas guru dan orang tua untuk membangkitkan motivasi di dalamnya. Kasus yang sama terjadi dalam memotivasi anak untuk menulis. Begitu mereka terpikat dalam menulis, mereka akan terus menulis, tidak peduli bagaimana suasana hati mereka dan seberapa banyak kalimat yang mereka tulis. 

Oleh Salsabilatuzzahra Jaha dari BehaviorPALS Center 


Sumber : 

Listyani. (2014). Fun Writing for Children : Hurray, I Can Write. Engaging With Literature Creatively (pp. 114-125). Salatiga : Satya Wacana Christian University. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/5293/2/PROS_Listyani_fun%20writing%20for%20children_fulltext.pdf

Menulis, Anak, Minat

Children 4 Years - 6 Years / 4 Tahun - 6 Tahun / Writing / Menulis / Education / Pendidikan / Cara Untuk Meningkatkan Minat Anak Dalam Menulis

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.