Cara Mempersiapkan Anak Anda untuk Kunjungan ke Dokter Gigi | Tania Purnomo, M.S., BCBA from Enreach Behavioral Services| Kinderkloud

Cara Mempersiapkan Anak Anda untuk Kunjungan ke Dokter Gigi

photo by pixabay: https://www.pexels.com/photo/pain-armchair-dentist-suffering-52527/

Bagaimana Mempersiapkan Anak Anda untuk Kunjungan ke Dokter Gigi

Pada umumnya kita dianjurkan untuk mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan. Sayangnya, membawa anak ke dokter gigi sering menjadi tantangan. Anak-anak mungkin terlibat dalam problem behavior seperti ketidakpatuhan, berteriak, melarikan diri, dan banyak lagi. Bayangkan anak Anda melarikan diri ketika alat gigi ada di dalam mulutnya, seberapa berbahayakah itu?

Berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan anak Anda untuk kunjungan gigi pertama mereka:

1. Persiapkan Mereka dan Beri Tahu Apa yang akan Terjadi

Anak-anak mungkin takut pergi ke dokter gigi karena mereka tidak tahu apa yang akan terjadi saat di dokter gigi. Mengapa mereka harus pergi ke dokter gigi? Apa yang akan gigi lakukan? Ini adalah pertanyaan yang perlu kita bahas.

Salah satu cara sederhana untuk mengajari mereka tentang dokter gigi dan kebersihan gigi adalah dengan membaca buku cerita tentang peran dokter gigi dan apa yang dapat mereka harapkan saat berkunjung ke dokter gigi. Ada banyak buku cerita yang ditulis untuk mengajari anak tentang dokter gigi. Salah satunya adalah “What to Expect When You Go to the Dentist” oleh Heidi Murkoff (Penulis) dan Laura Rader (Ilustrator).

Cara lain untuk menunjukkan kepada mereka apa yang terjadi di dokter gigi adalah dengan menonton video yang menjelaskan apa yang akan terjadi. Dr. Alida Anderson menunjukkan kepada anak-anak dan orang tua apa yang biasanya terjadi pada kunjungan pertama ke dokter gigi. Dia membahas bagaimana kursi pasien bergerak dan berbagai alat yang akan digunakan selama kunjungan pertama anak anda. Anda juga dapat menunjukkan kepada mereka video tentang karakter favorit mereka yang mengunjungi dokter gigi. Dalam video ini, Peppa Pig mengunjungi dokter gigi. Terakhir, Dr. Purnima Hernandez mempertunjukan berbagai bentuk dan suara alat dokter gigi dalam serangkaian video yang dapat membantu mempersiapkan anak-anak untuk kunjungan dokter gigi mereka.

2. Bawa Barang Familiar

Membawa sesuatu yang familiar untuk anak Anda dapat membantu memudahkan anak Anda mengalami sesuatu yang tidak biasa di dokter gigi. Salah satunya, Anda dapat membawa sikat gigi anak Anda dan meminta dokter untuk menggunakannya untuk melihat-lihat di dalam mulut mereka. Keluarga mungkin juga disarankan untuk membawa mainan yang sudah dikenalnya untuk dipegang oleh anak saat duduk di kursi dokter gigi.

3. Menemukan Dokter Gigi yang Tepat

Tidak semua dokter gigi memiliki pengalaman bekerja dengan anak-anak. Penting untuk menemukan orang-orang yang tahu cara menenangkan Anak anda sebelum prosedur, tahu bagaimana membangun hubungan baik dengan anak Anda dan tahu bagaimana bereaksi jika perilaku bermasalah memang terjadi. Dokter gigi sepsialis anak-anak mungkin juga memiliki kantor yang lebih ramah untuk anak.

4. Dental Desensitization

Dalam studi tahun 2021, Cartel dan rekan menjelaskan prosedur dental desensitization yang digunakan untuk meningkatkan toleransi prosedur dental untuk anak-anak dengan gangguan spektrum autisme. Untuk anak-anak yang lebih susah untuk toleransi prosedur dental, mengekspos mereka ke prosedur gigi langkah demi langkah dan memberi mereka reward untuk menoleransi setiap langkah sangat bermanfaat. Disarankan untuk berkonsultasi dengan behavior analyst untuk menyesuaikan protokol dental desensitization khusus untuk anak Anda.

5. Tahu Kapan Harus Kembali Lain Hari

Sangat penting untuk kita dapat mengetahui kapan harus mencoba lagi di lain hari. Jika anak Anda terlalu takut dan berontak, lebih baik kembali lagi di lain hari dan tidak memaksa anak Anda untuk menjalani prosedur. Menahan anak secara fisik dan memaksa mereka untuk duduk selama prosedur gigi dapat menyebabkan mereka lebih sulit datang ke dokter gigi di lain waktu.

Ditulis Oleh: Tania J. Purnomo, BCBA

Referensi:

Carter, L., Harper, J. M., & Luiselli, J. K. (2019). Dental desensitization for students with autism spectrum disorder through graduated exposure, reinforcement, and reinforcement-fading. Journal of Developmental and Physical Disabilities31(2) 1-10. https://link.springer.com/article/10.1007/s10882-018-9635-8

dentist, oral hygiene, toothbrush, child, parenting, health, development, teeth, gigi, dokter gigi, kesehatan, tumbuh kembang

Toddler 18 Months - 24 Months / 18 Bulan - 24 Bulan (Batita) / General Health / Kesehatan Umum / Health / Kesehatan / Cara Mempersiapkan Anak Anda untuk Kunjungan ke Dokter Gigi

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.