Cara Membangun Perpustakaan Di Rumah untuk Anak | Tania Purnomo, M.S., BCBA from Enreach Behavioral Services| Kinderkloud

Cara Membangun Perpustakaan Di Rumah untuk Anak

photo by ron lach : https://www.pexels.com/photo/girl-in-school-uniform-lying-on-book-shelf-and-reading-10638226/

Kalau mata adalah jendela dari jiwa seseorang, maka buku adalah jendela dari pikiran seseorang. Apa yang kita baca sepanjang hidup kita menjadi salah satu hal yang dapat mencerminkan diri kita atau bahkan membentuk diri kita. Kita diperkenalkan oleh buku fisik ketika kita mulai dapat membaca, dan lambat laun, kita mulai mengenal berbagai macam media dalam membaca, seperti koran, smartphone, dan komputer.

Mungkin kita tidak menyadarinya, tetapi kedua orang tua kita pernah membacakan cerita-cerita dari buku-buku dongeng saat kita masih kecil. Memang, tidak semua orang tua terus melakukan tradisi membacakan cerita saat anaknya beranjak dewasa, tetapi rasa ingin tahu anak dapat diasah melalui cara lain, yang mungkin kita akan bahas pada artikel selanjutnya. 

Memiliki buku-buku bacaan dirumah sudah banyak terbukti memiliki efek positif bagi anak. Rata-rata keluarga di Amerika Serikat memiliki 114 buku dalam rumah mereka, dan studi oleh Sikora, Evans, dan Kelley (2019), menemukan bahwa anak yang tumbuh dengan memiliki perpustakaan rumah dapat meningkatkan kemampuan literasi, numerik, dan pemecahan masalah teknologi anak ketika dewasa bahkan melebihi anak yang tumbuh dengan mengandalkan pekerjaan ataupun gelar pendidikan dari kedua orang tuanya.

Lalu pertanyaan yang sering muncul adalah, mengapa kita perlu membuat perpustakaan rumah sementara buku digital sudah tersedia di berbagai media? Untuk pertanyaan ini, memang setiap orang tua memiliki preferensi masing-masing. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi dan gadget sudah menjadi bagian dari hidup kita dan bahkan hidup anak-anak kita, terlebih anak-anak baru saja melewati masa pandemik yang mengharuskan mereka bergelut dengan teknologi untuk keseharian mereka dalam belajar, bermain, dan membaca. Namun, pemberian buku fisik kepada anak masih memiliki efek yang lebih kuat dan positif daripada membaca buku secara digital. Munzer dkk (2021) menemukan bahwa anak-anak yang diberikan bacaan dengan buku fisik memiliki komunikasi timbal-balik dengan orang tuanya lebih banyak dibanding anak-anak yang diberikan bacaan melalui tablet, singkatnya, anak-anak yang sering dibacakan buku fisik, memiliki komunikasi yang lebih baik dan terjadinya komunikasi timbal balik dengan orang tuanya, Munzer dkk (2021) juga menambahkan dalam penemuannya, bahwa anak-anak juga akan memiliki regulasi emosi yang lebih baik.

Lalu, bagaimana kita membangun perpustakaan rumah untuk anak kita? Sebelum kita mulai membangun, alangkah baiknya jika kita juga mengakui keadaan finansial kita, membangun perpustakaan di rumah, butuh dana, dan juga waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kita bisa membuat perpustakaan rumah sedikit-demi-sedikit seiring berjalannya waktu. Berikut beberapa tips untuk membangun perpustakaan rumah untuk anak anda:

1. Ketahui Apa Mau Anda dan Anak Anda

Setiap anak dan orang tuanya pasti memiliki keinginan yang berbeda, oleh karena itu, ada baiknya jika kita juga melibatkan anak dalam pengambilan keputusan dalam membangun perpustakaan rumah untuk anak anda. Dan Anda bisa menjadikan proyek ini sebagai salah satu cara mendekatkan diri anda dengan anak juga loh!

2. Membuat Daftar Buku yang ingin dimiliki

Karena kita membangun perpustakaan rumah sedikit-demi-sedikit, maka alangkah baiknya jika kita membuat daftar buku yang ingin dimiliki agar kita tidak lupa dan juga bisa menjaga kita dari keinginan-keinginan dalam membeli hal-hal lain yang tidak begitu berguna.

3. Variasikan Genre Buku

Tujuan dari memvariasikan genre buku adalah agar anak belajar mengembangkan pengetahuan dan imajinasi mereka. Semakin banyak genre buku yang mereka miliki, akan semakin luas pengetahuan dan imajinasi anak!

4. Mengajarkan Anak untuk Menjaga Buku

Buku, sama seperti hal lainnya adalah objek kepemilikan yang perlu kita jaga juga, karena dapat rusak seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, kita dapat mengajarkan anak untuk menjaga buku yang mereka miliki dengan baik, misalnya dengan membungkusnya dengan plastik buku, dan mengembalikan kembali ke rak buku setelah digunakan.

Ditulis Oleh: Dinda Akzenta 

Refrensi:

Bernan, R. (2022, April 19). A Home Library can have a powerful effect on children. Big Think. Retrieved May 15, 2022, from https://bigthink.com/the-present/mind-brain-home-library-benefits/ 

Children's Book Council. (n.d.). How to Build A Home Library. https://ptaourchildren.org . Retrieved from https://ptaourchildren.org/building-a-home-library/ 

Munzer et al. 2021. Parent Verbalizations and Toddler Responses with Touchscreen Tablet Nursery Rhyme Apps. PEDIATRICS Volume 148, number 6, December 2021:e2021049964. Retrieved from https://doi.org/10.1542/peds.2021-049964.

Sikora, J, M.D.R. Evans, and J. Kelley. 2019. Scholarly culture: How books in adolescence enhance adult literacy, numeracy and technology skills in 31 societies. Social Science Research: Volume 77, 2019, Pages 1-15, ISSN 0049-089X. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.ssresearch.2018.10.003.

Membaca, parenting, reading, development, library, books, buku, perpustakaan

Newborn 0 - 6 Months / Newborn 0 - 6 Bulan / Reading / Membaca / Education / Pendidikan / Cara Membangun Perpustakaan Di Rumah untuk Anak

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.