Berbicara Tentang Kematian kepada Anak Anda | Salma Safira Sukma from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Berbicara Tentang Kematian kepada Anak Anda

family

Berbicara tentang kematian dengan anak-anak Anda mungkin sulit karena mereka dapat bereaksi dan menghadapinya secara berbeda. Bergantung pada usia, mereka mungkin memiliki pandangan dan pemahaman yang berbeda tentang apa arti kematian. Namun demikian, berdiskusi tentang kematian dengan anak adalah bentuk dukungan yang dapat meringankan anak-anak Anda dan membantu mereka menghadapinya secara positif.

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu anak-anak Anda memahami tentang kematian:

1. Persiapan: Bicara tentang kematian sebagai bagian dari percakapan normal

Membicarakan kematian dan kehilangan sebagai topik sehari-hari dalam rumah tangga Anda ternyata penting karena akan membantu anak Anda lebih memahami konsep bagaimana hidup bisa berakhir. Anda bisa mencoba mengangkat topik dengan contoh sederhana, seperti menunjukkan serangga yang mati atau buah busuk. Bahkan gelembung yang pecah dapat membuat mereka melihat bagaimana segala sesuatu akan berakhir. Gunakan kata-kata sederhana untuk menjelaskan bagaimana mereka tidak lagi hidup dan tidak dapat kembali lagi. Ini sangat penting untuk dijelaskan karena keabadian dari kematian biasanya merupakan sesuatu yang sulit dipahami oleh anak-anak. Berbicara lebih banyak tentang kematian dan apa artinya dapat membantu meringankan ketidaknyamanan, ketakutan, dan kebingungan yang mungkin dimiliki anak Anda ketika hal itu terjadi pada orang yang mereka cintai.

2. Jujur dan terus terang

Ketika seseorang yang dekat dengan anak Anda meninggal dunia, baik itu anggota keluarga, teman, atau hewan peliharaan, sebaiknya beritahukan kepada mereka sesegera mungkin. Ingatlah untuk menggunakan kata-kata sederhana, bersikap tenang dan perhatian, tetapi juga jujur ​​dan terus terang. Misalnya, Anda dapat mencoba mengatakan sesuatu seperti “Ibu punya kabar buruk, kakek meninggal pagi ini, itu berarti tubuhnya telah berhenti bekerja, sehingga kita tidak akan bisa melihatnya lagi dan tidak ada yang bisa kita lakukan. ” Anda dapat melatih apa yang akan Anda katakan, kemudian mencari tempat yang tenang untuk berbicara dengan anak Anda. Saat Anda menyampaikan berita duka, bicaralah perlahan dan berikan waktu bagi mereka untuk memproses informasi untuk memastikan mereka mengerti. Cobalah untuk menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin dimiliki anak Anda dan hibur mereka saat Anda berbicara. Beberapa anak mungkin khawatir bahwa seseorang meninggal karena kesalahan mereka, jadi Anda harus meyakinkan mereka bahwa mereka tidak melakukan kesalahan dan tidak menyebabkan kematian seseorang.

3. Hindari menutup-nutupi

Mungkin sulit bagi orang tua untuk menyampaikan berita buruk dan menggunakan bahasa lugas kepada anak-anak, tetapi mereka perlu mengetahui kebenarannya sehingga mereka dapat menghadapinya dengan lebih baik. Oleh karena itu, Anda harus menghindari mengatakan hal-hal seperti "Dia pergi tidur selamanya dan dia tidak akan bangun" karena hal ini dapat menyebabkan kebingungan dan mereka dapat ketakutan bahwa mereka tidak akan pernah bangun jika tidur. Sebaliknya, lebih baik Anda bersikap konkret tentang situasi yang ada dan menjelaskan bagaimana orang tersebut meninggal, apakah karena usia tua, sakit, atau kecelakaan. Ingatlah untuk menggunakan kata “sangat, sangat” ketika berbicara tentang penyebab kematian, seperti “dia sangat, sangat tua dan sakit parah” atau “ada kecelakaan yang mengerikan” agar anak Anda tidak khawatir setiap kali mereka sakit flu atau ketika orang tua mereka berulang tahun dan bertambah usia.

4. Mendampingi dalam proses berduka anak

Beberapa anak mungkin merasa sulit untuk memproses kesedihan dan mereka biasanya belum tahu bagaimana mengungkapkan perasaannya. Di sisi lain, Anda dapat mengungkapkan perasaan Anda dan tidak apa-apa untuk bersedih di depan anak Anda. Anda juga dapat memberitahu mereka bahwa kesedihan adalah proses yang akan Anda lalui bersama dan membantu mengungkapkan perasaan mereka dengan kata-kata. Anda tidak perlu khawatir jika anak Anda, terutama anak prasekolah Anda, tidak menunjukkan minat ketika seseorang yang dekat meninggal karena mereka tidak memiliki tingkat emosi yang sama dengan Anda. Namun, selalu ingat bahwa mereka dapat menunjukkan reaksi yang berbeda dari waktu ke waktu, jadi awasi mereka, berikan kenyamanan, dan pertahankan komunikasi yang positif. Jika anak Anda tampaknya sangat terpengaruh oleh situasi tersebut, Anda harus mencari dukungan atau bantuan profesional.

 

Referensi: 

Death: How to talk about it with children. (2021, February 9). Raising Children Network Australia. Retrieved June 10, 2023 from https://raisingchildren.net.au/school-age/connecting-communicating/tough-topics/death-how-to-talk-about-it

How to talk to your children about the death of a loved one: Helping your children cope with loss, grief, and painful feelings. (n.d.). UNICEF. Retrieved June 10, 2023 from https://www.unicef.org/parenting/child-care/how-talk-your-children-about-death-loved-one#:~:text=Speak%20slowly%20and%20pause%20often,and%20do%20not%20include%20euphemisms.

Milbrand, L. (2022, November 23). How to explain death to a child, a step-by-step guide. Parents. https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/social/talking-to-kids-about-death/

When a loved one dies: How to help your child. (2021). Nemours KidsHealth. Retrieved June 10, 2023 from https://kidshealth.org/en/parents/death.html


 

By: Salma Safira Sukma Ikhsani, S.Psi. from BehaviorPALS

berbicara, kematian, anak, duka, orang tua

Children 4 Years - 6 Years / 4 Tahun - 6 Tahun / Parenting / Pola Asuh / Family / Keluarga / Berbicara Tentang Kematian kepada Anak Anda

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.