Bekerjasama Dengan Terapis Anak Saya | Sonia Hasjim, B.Sc from Love 2 Learn Consulting, LLC| Kinderkloud

Bekerjasama Dengan Terapis Anak Saya

photo by julia m cameron from pexels

Setiap orang tua menginginkan hasil terbaik dari tempat atau orang yang terpercaya untuk terapi bagi anak- anaknya. Menemukan orang atau tempat terpercaya untuk menempatkan anak tidaklah mudah, jadi tentu saja orang tua menginginkan hasil yang terbaik. Untuk mendapatkan hasil terbaik, apakah apakah pekerjaan terapis cukup untuk melakukannya? Beberapa praktik berbasis bukti seperti Applied Behavior Analysis (ABA) telah terbukti bermanfaat ketika anak- anak menjalani terapi lebih dini, tetapi apa lagi yang dapat dilakukan untuk memberi hasil yang maksimal? Salah satunya adalah keterlibatan orang tua dan kerjasama dengan terapis. Menurut International Journal of Language and Communication Disorder pada tahun 2020, ada manfaat Bahasa yang jelas bagi anak- anak yang orang tuanya terlibat aktif dalam terapi wicara anaknya.

Kolaborasi antara orang tua dan terapis bukanlah hal yang mustahil, namun hal tersebut dapat menimbulkan kesulitan tersendiri. Ketika orang tua memulai terapi, mungkin mereka memiliki pendapat yang kuat tentang perkembangan dan hasil selama terapi. Selain itu, faktor lain seperti pekerjaan, anggota keluarga lain yang harus diurus, dan tingkat stres secara umum dapat menghambat orang tua untuk lebih terlibat dalam perjalanan terapi anak- anak mereka.

Jadi, pertanyaan berikutnya adalah: Bagaimana orang tua dapat terlibat aktif dalam terapi anak mereka? Berikut adalah beberapa saran dari saya, seorang Behavior Interventionist selama hamper 4 tahun:

  1. Transparan/ Jujur
    1. Ketika terapis atau supervisor datang untuk menilai anak, disanrankan agar orang tua jujur dengan jawaban yang mereka berikan kepada erapisi atau supervisor. Terapis dan supervisor datang ke sesi dengan harapan untuk membantu anak- anak dan keluarga mereka dengan masalah yang mereka hadapi , dan jawaban yang jujur  akan memungkinkan terapis dan supervisor untuk membantu keluarga dengan baik
    2. Salah satu masalah yang mungkin dihadapi keluarga dengan bersikap jujur adalah rasa takut orang lain mengetahui tentang situasi di rumah. Ada beberapa pertanyaan yang dapat membantu keluarga, dapat dianggap intrusif sehingga keluarga ragu menjawab pertanyaan dengan jujur. Keluarga dapat dan harus memiliki hak untuk menyimpan informasi mengenai terapi dan terapis/ supervisor harus dapat memastikan kerahasiaan.
  2. Aktif Bertanya
    1. Keluarga memiliki hak dan harus diizinkan untuk mengajukan pertanyaan tentang prosedur yang terlibat dalam sesi terapi anak- anak mereka. Saya menemukan bahwa selama saya sebagai terapis, keluarga yang bertanya tentang prosedur terapi dan ingin tahu tentang proses yang terjadi selama terapi menunjukkan bahwa mereka ingin belajar. Terapis/ supervisor juga bertanggung jawab untuk menjaga agar keluarga tetap update dengan prosedur yang dilakukan selama sesi terapi. Saya percaya bahwa keluarga ingin tahu apa yang bekerja untuk anak- anak mereka dan apa yang tidak berhasil.
    2. Keluarga dapat memulai dengan menanyakan apakah mereka dapat berada di ruang terapi. Terkadang, ini bisa menjadi rumit karena kehadiran orang tua dapat membuat perilaku anak berbeda dibandingkan hanya dengan terapis, tetapi saya percaya terdakang, adalah ide yang baik untuk berada di ruangan untuk belajar dengan terapis, mengomunikasikan kesulitan yang mereka hadapi dalam mengimplementasi prosedur di rumah, dan memungkinkan terapis/ supervisor untuk mengamati interaksi orang tua dan anak.
  3. Terapkan Beberapa Prosedur Terapi di Rumah
    1. Satu hal yang perlu diingat orang tua adalah bahwa tearpis/ supervisor hanya bisa bersama anak kurang dari seberapa keluarga bersama anak. Saya menemukan bahwa akan sangat membantu ketika keluarga ingin melakukan bagian dari prosedur di rumah untuk meningkatkan keterampilan atau mengurangi perilaku bermasalah. Satu- satunya tindakan pencegahan yang saya sarankan kepada orang tua adalah memastikan bahwa prosedur yang harus dilakukan di rumah harus dibawah pengawasan yang teliti dari supervisor dan akan membutuhkan banyak konsultasi dan pelatihan orang tua. Jika ada aspek prosedur yang mungkin tampah mustahil, orang tua disarankan untuk bertanya tentang bagaimana melanjutkannya. Orang tua diperbolehkan untuk menyuarakan keprihatinan jika ada.
    2. Salah satu hal yang dapat menghambat orang tua untuk menerapkan beberapa strategi di rumah adalah adanya hal- hal yang mungkin berada di luar zona nyaman orang tua. Saya percaya bahwa tidak apa- apa untuk berkomunikasi dan berkompromi tentang langkah terbaik yang harus diambil dengan terapis/ supervisor.
  4. Terbuka Untuk Diskusi
    1. Orang tua dan terapis/ supervisor datang dari perspektif yang berbeda tentang perkembangan anak. Meskipun mungkin berbeda, kedua perspektif tersebut membawa informasi penting tentang anak. Menurut pendapat saya, penting untuk menyepakati bahwa kepentingan terbaik di hati adalah anak, dan penting untuk berkompromi bila diperlukan. Kedua belah pihak harus terbuka untuk berdiskusi ketika ada ketidaksepakatan tentang prosedur atau aspek terapi lainnya. Tanpa komunikasi terbuka dan kesepakatan tentang cara terbaik untuk berkomunikasi, terapi kemungkinan besar tidak akan efisien.
  5. Minta Dukungan, Bila diperlukan
    1. Pada dasarnya penting bagi orang tua untuk mengetahui bahwa terapis/ supervisor menginginkan yang terbaik untuk keluarga, yang berarti bahwa mereka ingin membantu ketika bantuan dibutuhkan. Mengomunikasikan kebutuhan tersebut penting bagi terapis/ supervisor untuk mengetahui perspektif keluarga serta mengetahui cara terbaik untuk menyesuaikan dan melanjutkan terapi.
    2. Dukungan tidak hanya datang dari terapis/ supervisor. Saya menemukan bahwa penting bagi keluarga untuk saling mengandalkan dan menjadi sebuah tim. Semua proses terapi pasti mengalami pasang surut, dan penting untuk berbagi dengan orang lain juga

 

Terapi adalah proses yang membutuhkan banyak waktut dan usaha dari banyak pihak untuk melihat kemajuan anak. Semua sistem pendukung untuk anak harus dapat berkomunikasi agar proses terapi menjadi pengalaman yang lebih baik bagi semua pihak. Seperti yang disebutkan, proses ini tidak selalu menyenangkan, tetapi aka nada masa- masa sulit. Selama masa- masa sulit ini, ada dua hal yang penting untuk diketahui. Pertama, komunikasi akan menjadi faktor yang semakin penting untuk melewati masa- masa sulit. Hal kedua dan terpenting adalah mengingat bahwa upaya kolektif adalah untuk kemajuan anak.

kerjasama, terapi, terapi anak, keterlibatan orang tua

Special Needs / Berkebutuhan Khusus / Parenting / Pola Asuh / Family / Keluarga / Bekerjasama Dengan Terapis Anak Saya

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.