Bekerja Sama dengan Guru Sekolah Anak Anda | Salma Safira Sukma from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Bekerja Sama dengan Guru Sekolah Anak Anda

talking

Anak menghabiskan sebagian besar waktu mereka setiap hari dengan orang tua dan guru. Sebagai orang dewasa yang paling signifikan dalam kehidupan seorang anak, baik orang tua maupun guru memiliki pengaruh yang besar terhadap pembelajaran dan pengalaman anak. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda sebagai orang tua untuk menjaga interaksi, komunikasi, dan hubungan yang positif dengan guru anak Anda demi pendidikan dan perkembangan anak Anda.

Bekerja sama dengan guru sekolah anak Anda dapat membantu mengatasi masalah yang mungkin dialami anak Anda di sekolah. Hubungan yang baik antara orang tua dan guru juga berhubungan dengan banyak perkembangan positif pada anak-anak di sekolah maupun di rumah, seperti kesejahteraan yang lebih baik, peningkatan keterampilan sosial dan hubungan, dan perkembangan emosional yang positif. Anak-anak juga menunjukkan peningkatan perilaku positif di sekolah, kehadiran dan prestasi sekolah yang lebih tinggi, perilaku positif di rumah, dan keterampilan penyesuaian yang lebih baik.

Berikut adalah 3 komponen untuk membangun hubungan yang kuat dan positif dengan guru anak Anda (Sheridan, 2018):

1. Komunikasi

Komunikasi adalah kunci dalam segala hubungan, termasuk hubungan orang tua dan guru yang akan lebih baik jika dimulai sedini mungkin. Anda dapat memperkenalkan diri kepada guru sekolah dan memberitahu mereka bahwa Anda ingin terlibat dalam pendidikan anak Anda di sekolah. Diskusikan bagaimana Anda dan guru dapat berkomunikasi satu sama lain secara berkelanjutan. Anda juga dapat meminta guru untuk memberitahu Anda tentang apa yang terjadi dengan anak Anda di sekolah. Menginformasikan guru terkait hal-hal penting tentang anak Anda, seperti tantangan, kekuatan, kesukaan dan ketidaksukaan mereka, dan apa yang Anda harapkan untuk mereka capai di sekolah juga dapat membantu. Namun, hal yang terpenting adalah menjaga komunikasi tetap terbuka, jelas, konstruktif, dan teratur.

2. Konsistensi

Ketika Anda bekerja sama dengan guru anak Anda, Anda saling melengkapi untuk memberikan yang terbaik bagi pendidikan anak Anda. Kerjasama ini harus konsisten, artinya Anda juga harus menyediakan kesempatan belajar yang memadai di rumah, seperti menetapkan rutinitas mengerjakan PR di tempat yang tenang dan santai, membaca bersama anak Anda, menyiapkan materi pembelajaran, dan mendukung kebiasaan makan yang sehat serta aktivitas fisik yang cukup. Jika Anda dan guru memiliki pandangan yang sama dalam rancangan dan harapan pendidikan anak Anda, anak Anda dapat melihat bahwa Anda dan guru mereka mendukung pembelajaran mereka secara bersama, konsisten, dan kohesif.

3. Kolaborasi

Jika Anda dan guru anak Anda telah menciptakan komunikasi yang terbuka dan rutin serta konsisten dalam rencana pembelajaran anak Anda, maka kolaborasi dapat menjadi lebih mudah. Berkolaborasi meliputi menetapkan strategi spesifik dan positif bagi anak Anda untuk mencapai potensi terbaik mereka. Hal ini juga termasuk memahami tujuan dan harapan satu sama lain, melakukan penyelesaian masalah yang konstruktif dengan berfokus pada menemukan solusi terbaik dan tidak menyalahkan satu sama lain, berbagi dukungan dan tanggung jawab di sekolah dan rumah, dan mengadakan pertemuan rutin untuk membahas kemajuan anak.

Kerja tim orang tua dan guru memainkan peran penting dalam memastikan bahwa anak Anda mendapatkan dukungan yang dibutuhkan untuk sukses di sekolah, rumah, dan di masa depan. Meskipun komunikasi orang tua dan guru dapat berkurang ketika anak semakin dewasa dan lebih mandiri untuk berkomunikasi dengan guru mereka sendiri, Anda masih dapat memberitahu mereka bahwa Anda tetap mementingkan pendidikan dan peduli dengan apa yang terjadi di sekolah. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga lingkungan belajar yang mendukung di rumah dan berdiskusi tentang tugas sekolah mereka atau berbincang tentang  acara sekolah.

 

Referensi:

Schools, teachers and parents: building strong relationships. (2021, September 10). Raising Children Network Australia. Retrieved September 8, 2022 from https://raisingchildren.net.au/school-age/school-learning/working-with-schools-teachers/relationship-with-school

Sheridan, S. M. (2018, August 28). Establishing healthy parent-teacher relationships for early learning success. Early Learning Network. https://earlylearningnetwork.unl.edu/2018/08/29/parent-teacher-relationships/#:~:text=Why%20are%20healthy%20parent%2Dteacher,in%20school%20and%20at%20home

Pirchio, S., Passiatore, Y., Tritrini, C., & Taeschner, T. (2013). The role of the relationship between parents and educators for child behaviour and wellbeing. International Journal about Parents in Education, 7(2), 145-155. https://eslplus.eu/documents/The_role_of_the_Relationship_between_Parents_and_Educators_for_Child_Behaviour_and_Wellbeing.pdf

 

Oleh: Salma Safira Sukma Ikhsani, S.Psi dari BehaviorPALS Center

 

guru, orang tua, anak, kerja sama, sekolah

Children 4 Years - 6 Years / 4 Tahun - 6 Tahun / Parenting / Pola Asuh / Family / Keluarga / Bekerja Sama dengan Guru Sekolah Anak Anda

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.