Bagaimana Orang Jepang Mengajarkan Pendidikan Karakter? | Salsabilatuzzahra Jaha S.Psi. from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Bagaimana Orang Jepang Mengajarkan Pendidikan Karakter?

kimono baju tradisional negara jepang

Sebagaimana kita ketahui, sangat penting untuk kita meninjau perkembangan anak baik dari segi kognitif, biologis maupun sosial. Kemampuan kognitif seperti bidang akademis, Biologis pada perkembangan fisik anak serta kemampuan sosial dimana anak dapat masuk pada lingkungan sosialnya. Seringkali orang tua lebih memfokuskan pada akademis dan biologis anak dibanding kemampuan sosialnya. Padahal hal ini yang paling penting agar anak dapat berperilaku baik dan sesuai dengan nilai moral yang berlaku. Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita ketahui pengertian nilai moral.


Apa itu nilai moral dan Pendidikan karakter?

Nilai-nilai moral adalah fondasi atau dasar dalam kehidupan seseorang yang ditanamkan sejak usia dini. Moral adalah pandangan baik dan buruk, benar dan salah, apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan. Berperilaku sesuai dengan Nilai moral harus dilakukan untuk menjalani hidup. Berperilaku sesuai dengan moral juga menjaga anak kita dari perilaku yang mengganggu. Penanaman nilai moral ini bisa didapatkan melalui Pendidikan karakter. Anak-anak sudah sepatutnya mendapatkan Pendidikan karakter. Pendidikan karakter bisa didapatkan dengan melalui 2 cara yaitu pendidikan karakter dalam keluarga dan juga pengaturan pendidikan karakter di sekolah. Di Sekolah, tidak hanya diajarkan mengenai mata pelajaran seperti matematika, bahasa, seni namun juga harus juga mengajarkan pendidikan karakter pada anak muridnya. Tidak lupa juga pentingnya peran orang tua untuk membentuk karakter anak. Harus ada kerja sama pada kedua pihak ini agar dapat melaksanakan karakter baik pada anak. Lalu, apa pentingnya Pendidikan karakter?


Mengapa Pendidikan Karakter penting?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pendidikan karakter penting untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan di kalangan anak. Hal-hal yang tidak diinginkan biasanya berasal dari perilaku negatif anak. Contohnya seperti perilaku curang, mencuri, menipu, berkelahi dan perilaku lainnya. Hal ini adalah perilaku yang sangat dihindari karena akan menyebabkan kerugian pada orang lain. Kebanyakan orang tua lebih menuntut anak untuk mendapatkan nilai dan peringkat terbaik di kelas dibanding dengan perkembangan moralnya. Karena hal ini, terkadang anak akan mencari alternatif yang mudah sehingga mereka akan tidak jujur. Hal ini sangat merugikan sekali. Jadi apalah gunanya ilmu jika pengetahuan tinggi pun masih merugikan orang lain.


Pendidikan Karakter Ala Negara Jepang

Sering kali kita mendengar Jepang merupakan negara yang memiliki warga yang sangat patuh pada peraturan. Perilaku patuh ini sangat menguntungkan karena akan mendatangkan ketentraman antar masyarakat. Lalu, Bagaimana negara jepang dapat membangun budaya patuh seperti itu?

Budaya di Jepang memegang peranan yang sangat besar dalam proses penanaman moral atau karakter pada diri seorang anak. Keluarga, khususnya ibu memiliki andil yang sangat besar untuk mendidik seorang anak. Di Jepang, Ibu memiliki peranan besar dalam mendidik karakter anak. Terdapat istilah Kyoiku Mama yang memiliki makna bahwa seorang ibu tidak akan pernah berhenti untuk terus mendorong anak-anaknya untuk belajar dan menciptakan keseimbangan. Lebih lanjut, di jepang sendiri terdapat beberapa hal yang mungkin terlihat sangat remeh dilakukan, namun hal tersebut menjadi cara untuk menanamkan pendidikan karakter di Jepang

1)      Post It Ucapan Terima Kasih (Arigatou Posuto Itto)

Tempelan-tempelan semacam ini biasanya digunakan dengan maksud untuk mengucapkan terima kasih kepada teman yang telah meminjami pulpen atau telah membagi bekal yang dimiliki. Meskipun terlihat sebagai sesuatu yang sepele, namun hal kecil ini mengajarkan kepada anak-anak atau masyarakat untuk tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah membantu kita.

2)      Peta Keamanan Lingkungan

Disebut dengan Chiiki Anzen Mappu. Konsep ini diajarkan di sekolah yang ada di Jepang untuk mendidik para siswa agar peduli dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Peta tersebut merupakan karya para siswa dengan maksud untuk mengingatkan kepada masyarakat yang melihatnya bahwa misalnya di suatu jalan terdapat banyak tikungan sehingga setiap orang dapat berhati-hati.

3)      Mendidik Gotong Royong

Jenis Pendidikan ini biasanya dalam bentuk pembagian jadwal piket untuk membersihkan kelas dimana jadwal tersebut tertempel di dinding.

4)      Mendidik untuk Selalu Memiliki Tujuan

Caranya dengan anak diajarkan membuat target-target dari para siswa yang ditulis di bawah foto siswa tersebut. Target tersebut berupa target-target sederhana, misalnya target untuk bangun pagi, tidak terlambat ke sekolah, dan lain sebagainya. Target tersebut juga dapat berupa target bulanan ataupun target tahunan.

5)      Koran yang Ditulis Tangan (Tegaki Shinbun)

Dimana koran ini dibuat oleh para siswa dengan desain atau layout yang menarik.

6)      Mengasah Empati

Salah satu atu bentuknya adalah dengan tidak memberikan pidato yang panjang lebar dan membosankan kepada para siswa. Sehingga mereka dapat membangun empati dan memperdulikan orang lain.

Dengan membiasakan diri atau mengajarkan hal-hal di atas, anak-anak diajarkan untuk memiliki etos kerja yang tinggi, taat pada peraturan, disiplin, serta memiliki kreativitas yang tinggi. Walaupun hal tersebut dapat dibilang remeh dan sederhana, ternyata memiliki efek yang besar pada masa depan anak. Perkembangan sosial anak pun terasah dan anak akan siap masuk dalam dunia sosial. 

oleh Salsabilatuzzahra Jaha S.Psi dari BehaviorPALS center


Daftar Pustaka 

Haryono, S. E., Muntomimah, S., & Eva, N. (2020). Planting Values through Character Education for Early Childhood. KnE Social Sciences, 97-108.

Syamsurrijal, A. (2018). Menilik Pendidikan Karakter Di Berbagai Negara (Studi Multi Situs Di Indonesia, Singapura Dan Jepang). Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 206-214.

pendidikan karakter negara jepang

Pre-school 2 Years - 4 Years / 2 Tahun - 4 Tahun (Balita) / Social Development / Tumbuh Kembang Sosial / Education / Pendidikan / Bagaimana Orang Jepang Mengajarkan Pendidikan Karakter?

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.