Bagaimana Merencanakan Keuangan untuk Anak | Tania Purnomo, M.S., BCBA from Enreach Behavioral Services| Kinderkloud

Bagaimana Merencanakan Keuangan untuk Anak

by paxels

Keterampilan manajemen keuangan sudah seharusnya dimiliki oleh seorang individu dalam mengelola keuangannya. Literasi keuangan pun perlu dibentuk sejak usia muda, hingga ketika individu memutuskan untuk berkeluarga, Ia dapat merencanakan keuangan dalam satu unit keluarga. 

Terlepas dari kewajiban individu dalam mengatur keuangan dalam keluarganya, sebagai pasangan yang berencana memiliki buah hati atau orang tua yang sudah memiliki buah hati, kita perlu memperhatikan dan merencanakan keuangan untuk anak kita secara terpisah.

Memang tidak semua keluarga memiliki kelebihan atau kemewahan dalam hal keuangan, dan terkadang, pemikiran keuangan “go with the flow” atau “mengalir” masih diadaptasi oleh kebanyakan orang. Tidak ada yang salah dengan prinsip keuangan setiap individu ataupun setiap keluarga, namun, alangkah baiknya jika kita memiliki literasi keuangan serta memiliki perencanaan keuangan yang baik, terutama bagi anak.

Berikut beberapa langkah dalam mengelola atau merencanakan keuangan bagi buah hati kita, baik itu untuk biaya pendidikannya ataupun biaya darurat lainnya;

1. Mengakui keadaan keuangan keluarga anda

Langkah pertama dalam setiap perencanaan keuangan adalah mengetahui serta mengakui keadaan keuangan yang kita dan pasangan kita miliki, langkah ini menjadi penting dan paling pertama karena dengan ini seorang individu dapat mulai merencanakan keuangannya secara kasar terlebih dahulu.

2. Mendidik keluarga anda tentang keuangan

Literasi keuangan artinya memiliki pengetahuan yang memadai tentang keuangan itu sendiri dan cara mengambil keputusan keuangan selama tahapan dalam kehidupan. Alangkah baiknya jika semua anggota keluarga memiliki literasi keuangan yang setara. Penelitian oleh sekelompok mahasiswa (Cude dan kolega, 2006) menunjukkan bahwa keputusan finansial yang diambil oleh orang tua si anak, dapat menentukkan perilaku keuangan si anak dimasa mendatang. Untuk mengajarkan literasi keuangan kepada anak, memang sebaiknya dimulai ketika mereka beranjak dewasa dan mulai memahami cara dunia bekerja. 

3. Selesaikan hutang-hutang anda

Terkadang, memilih berhutang bukanlah suatu pilihan namun suatu keharusan. Namun, dalam merencanakan keuangan bagi anak, kita perlu memiliki penyisihan yang jelas, terutama jika kita memiliki hutang-hutang yang masih perlu dibayarkan. Prioritaskan pembayaran hutang yang berat atau urgent, sambil menyisihkan dana bagi anak sedikit-demi sedikit. Oleh karena itu, kita juga perlu merencanakan rentang waktu dalam menyelesaikan hutang-hutang seperti kpr.

4. Tentukan financial goal untuk anak anda

Menentukan tujuan keuangan untuk anda secara jelas sangatlah krusial. Tentukanlah tujuan dari perencanaan keuangan anak anda, misalnya untuk biaya pendidikan, biaya rumah anak, bahkan biaya pernikahan untuk anak. Ada beberapa pilihan dalam penentuan financial goal untuk anak anda, misalnya anda bisa menabung di akun rekening, menabung di akun deposito khusus pendidikan anak, atau melakukan investasi dengan tujuan biaya pendidikan anak. Dan hal yang tak kalah penting juga dalam financial goal untuk anak adalah membuat akun rekening yang terpisah.

5. Siapkan emergency funds bagi anak

Langkah terakhir dalam merencanakan keuangan untuk anak anda adalah memiliki dana darurat yang sudah kita sediakan sejak jauh hari. Karena terkadang, ada hal-hal diluar kendali yang dapat muncul sewaktu-waktu, misalnya langit kamar anak anda tiba-tiba bocor, oleh karena itu anda perlu memperbaikinya.

Ketika kita mulai berkeluarga, kita harus mulai merencanakan keuangan diluar diri kita sendiri. Memiliki perencanaan keuangan yang baik, khususnya perencanaan keuangan yang kita khusus kan bagi anak kita tentu dapat menghindari kita dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tidak memiliki dana bagi pendidikan anak. 

Dan terkadang, kita tidak memiliki kemampuan untuk berkonsultasi dengan financial advisor, namun hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan, karena literasi keuangan dapat kita pelajari sendiri ataupun mencari ilmu melalui orang-orang yang berpengalaman ataupun ahli di bidang finansial. Kita dapat belajar melalui platform media sosial, instansi, ataupun teman-teman yang memiliki literasi keuangan yang lebih baik dibanding kita. Oleh karena itu, mulailah tanam literasi keuangan yang kita miliki dan jika memungkinkan, ajak anggota keluarga kita juga untuk sama-sama belajar tentang keuangan.

Ditulis Oleh: Dinda Akzenti

Referensi: 

How to make a financial plan for your family. OneFamily. (2022, February 10). Retrieved April 15, 2022, from https://www.onefamily.com/savings/how-to-make-a-financial-plan-for-your-family/ 

Lake, R. (2020, December 21). How to build a family financial plan. SmartAsset. Retrieved April 15, 2022, from https://smartasset.com/financial-advisor/family-financial-planning 

Marter, J. (2021). How your parents' beliefs about money affect you. Psychology Today. Retrieved April 15, 2022, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/mental-wealth/202108/how-your-parents-beliefs-about-money-affect-you 

Morgan Stanley (2022, January 24). Financial literacy for any stage of Your life. Morgan Stanley. Retrieved April 15, 2022, from https://www.morganstanley.com/Themes/financial-literacy

 

money, financial, financial management, financial planning, children, family, keuangan, manajemen keuangan, financial health, parenting

Newborn 0 - 6 Months / Newborn 0 - 6 Bulan / Financial Management / Manajemen Keuangan / Family / Keluarga / Bagaimana Merencanakan Keuangan untuk Anak

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.