Apakah Anak Pendek Selalu Stunting? | Kunthi Kumalasari Hardi, M.Ed., BCBA from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Apakah Anak Pendek Selalu Stunting?

pemantauan perkembangan bayi sangat penting

Saat ini stunting menjadi prioritas dari pemerintah Indonesia. Hampir semua dokter anak, atau tenaga kesehatan anak di Indonesia harus membantu mensukseskan program anak Indonesia bebas dari stunting. Stunting seringkali dipahami sebagai anak yang gagal tumbuh atau pendek. Apa itu sebenarnya stunting?

 

Stunting adalah gejala gagal tumbuh, seperti anak tidak naik panjang tubuhnya yang disebabkan oleh kekurangan gizi. Kekurangan nutrisi menjadi penyebab stunting karena saat seorang anak kekurangan nutrisi, tubuhnya akan berfokus untuk memberikan nutrisi ke organ-organ yang penting. Organ penting pertama dimana nutrisi akan disalurkan adalah otak, lalu nutrisi akan disalurkan ke organ jantung. Lalu bagaimana bisa stunting?

 

Stunting terjadi karena tulang dari tubuh anak kurang mendapatkan nutrisi di masa-masa kritis pertumbuhan tulang. Hal ini membuat anak menjadi gagal tumbuh, atau disebut juga kerdil. Hal ini sangat berdampak karena seseorang yang mengalami stunting akan berdampak di sepanjang hidupnya. Jadi misalnya, sang anak baru diketahui stunting di usia 6 tahun, maka walaupun selanjutnya sang anak kemudian diberikan berbagai suplemen tulang hal ini tidak akan memperbaiki pertumbuhan tulang anak.

 

Namun, apakah semua anak yang pendek itu stunting?

 

Tidak semua anak yang pendek mengalami stunting. Anak yang pendek, atau lebih pendek dibandingkan anak lain yang seumuran bisa terjadi juga karena orangtua dari anak memiliki postur tubuh yang pendek. Singkatnya, anak bisa pendek karena memang memiliki predisposisi pendek secara genetik. Penyebab lain dari anak pendek adalah adanya abnormalitas tulang dan juga rendahnya hormon pertumbuhan yang dimiliki anak. Terkait dengan hormon pertumbuhan, ini bukan hanya disebabkan oleh kurangnya nutrisi anak melainkan juga disebabkan oleh kurangnya waktu tidur anak. Saat anak sulit tidur malam, hal ini berpotensi menghambat pengeluaran hormon pertumbuhan yang keluar paling banyak saat anak sedang tertidur pulas di kira-kira jam 1 dini hari. Sehingga untuk menentukan apakah seorang anak memiliki stunting atau tidak, hal ini harus dilakukan melalui asesmen dari profesional seperti dokter anak.



 

Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting?

Stunting dapat dicegah semenjak dalam kandungan dengan memastikan nutrisi Ibu cukup selama kandungan. Selama kandungan, pertumbuhan organ-organ penting pada bayi telah terjadi, termasuk dari pertumbuhan organ otak dan organ tulang. Selanjutnya, saat sang bayi lahir pemberian asi yang cukup juga termasuk cara untuk mencegah stunting. ASI Ibu sudah memiliki nutrisi dan antibodi terbaik yang dibutuhkan anak yang mana hal tersebut tidak dapat digantikan oleh susu formula. Namun, Ibu perlu memastikan bahwa anak juga mendapatkan cukup ASI. Hal ini dapat dipastikan dengan perlekatan Ibu dan bayi baik saat menyusui, misalnya memastikan bahwa perut bayi bertemu dengan perut Ibu. 

 

Hal lain yang juga penting dilakukan untuk mencegah stunting adalah dengan melakukan pengukuran berat badan, panjang bayi, dan lingkar kepala secara rutin, lalu melakukan plot angka pertumbuhan anak ke dalam grafik dari World Health of Organization (WHO) untuk anak laki-laki dan anak perempuan. Melakukan pengukuran secara rutin dan akurat akan membantu kita menyadari apakah sang bayi tercukupi nutrisinya, lalu apabila memang ada pengukuran yang kurang, misalnya berat badan anak tidak naik, maka intervensi dapat segera dilakukan untuk memastikan bahwa selanjutnya anak dapat bertumbuh dengan baik. 

 

Ditulis oleh Kunthi Kumalasari Hardi, M.Ed., BCBA dari BehaviorPALS Center

 

Sumber:

de Onis, M., & Branca, F. (2016). Childhood stunting: a global perspective. Maternal & child nutrition, 12 Suppl 1(Suppl 1), 12–26. https://doi.org/10.1111/mcn.12231


 

stunting, pertumbuhan anak

Newborn 0 - 6 Months / Newborn 0 - 6 Bulan / Physical Development / Tumbuh Kembang Fisik / Health / Kesehatan / Apakah Anak Pendek Selalu Stunting?

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.