Apa sih Toxic Parenting? | Kunthi Kumalasari Hardi, M.Ed., BCBA from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Apa sih Toxic Parenting?

pengasuhan banyak memberikan dampak pada perkembangan anak

Toxic parenting menjadi topik yang akhir-akhir ini sering di bahas di social media, terutama social media psikologi. Namun apa sebenarnya toxic parenting itu? Toxic parenting adalah konsep dimana perilaku pengasuhan orangtua yang tidak tepat kepada anak sehingga membuat anak merasa ketakutan, merasa bersalah, atau tidak patuh. Hal ini menjadi isu yang banyak dibahas karena dampak dari toxic parenting yang bisa berkelanjutan pada anak hingga dia dewasa. 

 

Cara orangtua berinteraksi dengan anak ternyata berefek pada bagaimana cara anak melihat dirinya, orang lain, dan dunianya. Apabila orangtua tidak menyediakan kebutuhan anak untuk tumbuh secara sehat dan anak. Anak tersebut dapat memiliki isu perilaku saat dia dewasa kelak dan menjadi orangtua. Untuk itulah, mengenal toxic parents sehingga kita bisa memahami hal-hal apa dari interaksi orangtua ke anak yang dapat kita cegah.

 

Berikut ini adalah tipe-tipe toxic parenting.

The Neglecting Parent

Ciri dari “the neglecting parent” adalah orangtua ini seringkali absen di momen-momen penting anak, seperti misalnya pentas sekolah, acara ulang tahun, dan bahkan membantu saat anak sakit. Efek dari “the neglecting parent” adalah anak merasa tidak berharga, cemas, depresi. 

The Helicopter Parent

Ciri dari “the helicopter parent” adalah orangtua ini terlalu ikut campur dalam kehidupan anak, sehingga membuat anak menjadi sulit untuk mandiri dalam memenuhi kebutuhannya, atau mengambil keputusan. Anak dari “the helicopter parents” dikatakan bingung akan arah hidup mereka, sulit mengambil keputusan, dan ketergantungan dengan orang lain.

The Addict Parent

Ciri dari “the addict parent” adalah orangtua seringkali lalai untuk menyediakan kebutuhan anak karena sedang kecanduan. Anak dari “the addict parent” seringkali harus berperan sebagai orang dewasa di usia anak-anak. Hal ini disebabkan orangtua mereka sibuk dengan masalah mereka sendiri, sehingga anak harus maju untuk memastikan kebutuhan hidup mereka sendiri terpenuhi. Anak dari “the addict parent” seringkali seperti dirampas masa kecilnya karena mereka harus membantu merawat orangtuanya.

The Abusive Parent

Ciri dari “the abusive parents” adalah orang tua berubah menjadi menakutkan dan kasar saat ia marah, atau melakukan pelecehan seksual pada anaknya. Orangtua yang melakukan kekerasan secara fisik dan seksual sangat berdampak negatif pada anaknya. Ketakutan dan trauma yang dialami anak dapat bertahan bertahun-tahun, walau orang tuanya sudah tidak lagi melakukan hal tersebut kepada anaknya.

The Narcissist Parent

Ciri dari “the narcissist parent” adalah walaupun mereka tidak menyiksa anak secara fisik atau seksual, namun mereka menyiksa anak secara mental dengan keinginan untuk selalu mengontrol, merendahkan, dan melihat anak sebagai perpanjangan dirinya (“kamu jangan kayak gitu yaa, bikin malu mama aja”). Apabila anak berprestasi, orangtua akan menyayangi, sedangkan apabila ada hal yang tidak sesuai ekspektasi orangtua akan merendahkan anak. Anak dari “the narcissist parents” akan merasa rendah menjadi orang yang secara kronis ingin menyenangkan orang lain.

 

Berdasarkan tipe-tipe toxic parenting, orang tua perlu refleksi apakah ada perilaku ini yang kita lakukan sebagai orangtua, atau orangtua kita lakukan. Kemungkinannya kita akan meniru perilaku orangtua kita tanpa sadar. Apabila memang ada perilaku orangtua kita yang termasuk toxic parenting yang memang menjadi luka, maka kita perlu menyembuhkan luka tersebut untuk kemudian menjadi orangtua yang telah sembuh, sehingga dapat mengasuh anak dengan melihat seutuhnya kebutuhan dan pribadi anak dan menerima anak sebagai individu sendiri yang unik dan berharga.

 

Ditulis oleh: Kunthi Kumalasari Hardi, M.Ed., BCBA dari BehaviorPALS Center

 

Daftar Pustaka:

https://optimistminds.com/5-types-of-toxic-parents/


 

toxic pareningt, kekerasan, pengasuhan

Children 4 Years - 6 Years / 4 Tahun - 6 Tahun / Parenting / Pola Asuh / Family / Keluarga / Apa sih Toxic Parenting?

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.