Apa Tanda Anak Sudah Siap Toilet Training? | Kunthi Kumalasari Hardi, M.Ed., BCBA from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Apa Tanda Anak Sudah Siap Toilet Training?

toilet training.

Toilet training adalah salah satu fase perkembangan yang perlu dikuasai anak. Toilet training adalah suatu usaha untuk mengajarkan anak untuk mengontrol buang air kecil dan buang air besar secara mandiri, sehingga kemudian ia bisa ke toilet secara mandiri.Orangtua biasanya memiliki kecemasan sendiri saat akan memulai mengajarkan toilet training. Salah satu yang menjadi pertanyaan orangtua adalah apa tanda anak saya siap melakukan toilet training.

 

Ada beberapa tanda yang perlu diketahui dan dicek oleh oleh orangtua sebelum melakukan toilet training pada anaknya. Secara perkembangan kebanyakan anak mulai melakukan toilet training pada usia 2 tahun 6 bulan. Secara perkembangan orangtua perlu mengecek apakah secara umum anak sudah bisa menahan pipis selama 60-90 menit. Hal ini bisa dilakukan orangtua dengan mengecek sejak penggantian popok terakhir apakah dalam sebelum 60 menit popok anak sudah basah kembali. 

 

Hal kedua yang perlu dicek orangtua adalah apakah anaknya memiliki sedikit atau tidak sama sekali masalah ke toilet. Misalnya apakah bila diajak cuci tangan, membersihkan diri ke toilet, dan mandi anak tidak memiliki penolakan, seperti tantrum karena diminta ke toilet. Saat anak melakukan toilet training, kebanyakan anak akan diminta untuk duduk di toilet selama kurang lebih 15 menit, sehingga apabila anak masih ada masalah perilaku terkait ke toilet akan lebih sulit untuk memintanya berada di toilet selama lebih dari 15 menit. Saat anak menunjukkan ketidakpatuhan akan instruksi ke toilet, orangtua disarankan untuk menyelesaikan masalah tersebut satu persatu, sehingga tidak menambah stres bagi orangtua dan anak.

 

Selanjutnya yang perlu orangtua observasi adalah kesadaran anaknya terkait keluarnya air kecil atau air besar. Contoh perilaku yang menunjukkan kesadaran anak adalah anak melihat atau mencari orangtua saat mulai pipis atau setelah selesai pipis. Atau, dapat juga anak menunjuk ke diapernya saat ia sudah pipis. 

 

Perilaku lain yang perlu diajarkan adalah menemukan lokasi toilet. Hal ini penting karena target kita adalah untuk anak dapat ke toilet secara mandiri, bukan harus diajak atau digendong ke toilet oleh pengasuhnya. Apabila anak sudah dapat berbicara secara verbal atau gestural ajarkan anak untuk meminta pergi ke toilet. Misalnya, saat Anda mengetahui bahwa anak Anda ingin ke toilet, Anda mengatakan “pipis”, lalu minta Anda untuk mengulangi berkata “pipis” dan barulah Anda membawa anak Anda ke toilet. 

 

Apabila anak Anda memiliki kebutuhan khusus seperti autisme, Anda tetap disarankan untuk memulai toilet training seperti usia anak yang dianjurkan yaitu 2 tahun 6 bulan. Selain juga melakukan hal yang disarankan seperti di atas, anak dengan autisme kebanyakan memiliki perilaku stimulasi diri (self-stimulation behavior), perilaku stimulasi diri ini perlu di manajemen sehingga tidak mengganggu perhatian anak selama program toilet training berlangsung. Apabila anak melakukan perilaku stimulasi diri terus-menerus, ia akan kesulitan untuk merasakan sensasi apabila ia ingin buang air kecil atau buang air besar.

 

Perilaku ke toilet merupakan perilaku penting untuk dikuasai anak. Hingga anak mandiri ke toilet butuh waktu dan konsistensi pengajaran oleh pengasuh. Jangan terburu-buru untuk mengajarkan perilaku ke toilet hingga membuat anak Anda tidak nyaman atau kesal. Usahakan untuk memecah-mecah target, misalnya dengan hanya menargetkan 1-2 target yang perlu anak lakukan dengan mandiri. Contohnya, Anda hanya menargetkan anak Anda membuka celana dan duduk di toilet 15 menit, sedangkan perilaku lainnya seperti cuci tangan dan memakai celana bisa Anda bantu. Jangan lupa untuk merayakan kesuksesan dan kemandirian, atau bahkan perilaku kooperatif dari anak Anda.

 

Daftar Pustaka:

Leaf, R. & McEachin, J. (1999). A work in progress. New York: Different Roads to Learning

 

Ditulis oleh:

Kunthi Kumalasari Hardi, M.Ed., BCBA. dari @behaviorpals center


 

toilet training, anak, autisme

Pre-school 2 Years - 4 Years / 2 Tahun - 4 Tahun (Balita) / Social Development / Tumbuh Kembang Sosial / Education / Pendidikan / Apa Tanda Anak Sudah Siap Toilet Training?

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.