Anak Dapat uang THR? Yuk Ajarkan Pengaturan Uang Padanya! | Aurel Saragih | Kinderkloud

Anak Dapat uang THR? Yuk Ajarkan Pengaturan Uang Padanya!

kelola uang di anak

Setiap liburan panjang dan bertemu keluarga, anak-anak parents pasti mendapat uang THR dari para kerabat dan keluarga. Jumlah uang THR yang diberikan pun tidak sedikit untuk ukuran anak-anak yang masih bersekolah terutama di jenjang Sekolah Dasar. Setelah mendapat THR, apa sih yang bisa anak pelajari? Ya! Sudah pasti anak belajar cara menghargai pemberian orang lain dan juga yang tidak kalah penting adalah anak harus belajar cara pengaturan keuangan, lho. Bagaimana sih caranya mengajarkan pengaturan uang bagi anak sedini mungkin? 

Berikan anak dompetnya sendiri untuk melatih tanggung jawab 

Ketika memberikan anak dompetnya sendiri, tidak perlu yang besar, anak diberikan satu tanggung jawab untuk menjaganya. Parents juga harus mengawasi letak dompet ini supaya bisa tetap mengingatkan anak akan tanggung jawabnya. Dompet yang digunakan sebaiknya yang bisa anak bawa setiap harinya dan memiliki ruang untuk uang kertas dan receh. Ingatkan anak fungsi dari dompet yang merupakan tempat dari uang-uang yang didapatkan saat menerima THR dari keluarga. Ajak anak untuk menghitung jumlah dari uang yang dimilikinya. Eits jangan sampai parents justru yang menyimpannya kecuali diminta oleh anak ya! 

Ajarkan prinsip menabung setengah dari yang didapatkan 

Jelaskan pada anak pentingnya menabung yaitu untuk dapat membeli barang yang ia inginkan atau bahkan untuk dipakai sewaktu-waktu ia membutuhkan. Menabung setelah dari yang ia miliki adalah hal penting supaya uang yang dimiliki tidak habis. Orang tua juga bisa berdiskusi pada anak mengenai jumlah nominal yang akan ditabungkan jika anak tidak mau setengahnya disimpan. Berikan pula 3 pilihan barang yang ingin anak beli atau dapatkan di akhir bulan sebagai pengingat bahwa ia bisa membellinya dengan uang yang disimpan. 

Dalam menabung, jangan lupa untuk membelikan dompet tabungan lainnya yang terpisah dengan tabungan saat ini. Hal ini mengajarkan pada anak bahwa tempat untuk menabung berbeda dengan dompet sehari-hari. Anak akan memahami bahwa menabung adalah hal yang penting untuk dilakukan dan terbiasa untuk melakukannya  sampai dewasa. 

Berikan penjelasan mengenai pengeluaran dan penghasilan pada anak 

Penting untuk anak mengetahui jumlah uang dan apa yang ingin ia beli dengan uangnya. Setelah mendapat THR, biasanya anak-anak akan langsung membeli mainan atau mungkin hal lain yang ia sangat inginkan saat itu juga. Setiap kali berbelanja, berikan anak penjelasan bahwa jumlah uangnya mungkin tidak cukup untuk membeli semua barang. Jelaskan bahwa anak hanya bisa membeli maksimal berapa barang dengan nominal yang berbeda. Anak terkadang hanya ingin mendapatkan yang ia inginkan saat itu juga sehingga tidak mengetahui perbedaan antara butuh atau ingin. Tanyakan juga pada anak apakah ia sangat membutuhkan mainan tersebut atau tidak. Selain itu, ingatkan anak bahwa dengan uang tersebut ia bisa membeli hal lain yang lebih bermanfaat atau lebih dibutuhkan. 

Mengajarkan mengenai uang pada anak cukup menantang. Orang tua pun penting untuk dapat memberikan contoh cara pengelolaan uang pada anak. Tidak hanya ketika mendapatkan THR, menabung juga harus dibiasakan ketika mendapatkan uang jajan. Anak akan terlatih untuk menghargai uang dan mulai mengembangkan kemampuan perencanannya dalam mengelola uang. Tidak hanya itu, anak juga akan belajar bahwa ia harus mampu menahan keinginannya dalam beberapa hari atau bulan ketika menabung. 

Referensi 

https://www.forbes.com/advisor/personal-finance/how-to-teach-your-kids-good-money-habits/

ditulis oleh Sarah Aurelia S.Psi dari BehaviorPals Centre 

kelola uang, kelola uang pada anak, literasi finansial di anak

Children 4 Years - 6 Years / 4 Tahun - 6 Tahun / Parenting / Pola Asuh / Family / Keluarga / Anak Dapat uang THR? Yuk Ajarkan Pengaturan Uang Padanya!

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.