Aku Tidak Sengaja Membentak Anakku, Apa yang Harus Kulakukan? | Nurizzati Sharfina, S.Psi from Sekolah Murid Merdeka| Kinderkloud

Aku Tidak Sengaja Membentak Anakku, Apa yang Harus Kulakukan?

a sulky little girl

“Mama lagi sibuk, kamu bisa diem gak sih?!”

Kalimat serupa ini terkadang tidak sengaja keluar dari orang tua ketika sedang berada di situasi yang menekan. Meski orang tua tahu bahwa kalimat ini tidak baik dan bisa menyakiti hati anak, biasanya kalimat ini terlontar secara spontan dan tanpa disadari. Biasanya orang tua juga langsung menyadari beberapa saat kemudian bahwa apa yang dikatakan berpotensi merusak hubungan dengan anak. Namun, orang tua seringkali terlanjur terbawa emosi negatif sehingga membiarkan kejadian ini berlalu begitu saja. Sebenarnya, ada sedikit perasaan bersalah, akan tetapi apa yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua?

Dr. Daniel Siegel, seorang ahli dalam hubungan keluarga dan perkembangan otak, mengusulkan konsep yang bernama Rupture and Repair. Rupture diartikan sebagai suatu keretakan dalam hubungan antara orang tua dan anak, dikarenakan adanya salah paham atau ketika orang tua menyakiti anak dan sebaliknya. Beberapa kondisi rupture memang bisa menjadi lebih parah dari yang lainnya (biasanya ketika orang tua bereaksi berlebihan secara emosional). Kondisi rupture tidak dapat dihindari di dalam hubungan orang tua dan anak. Namun, keretakan dalam hubungan atau rupture dapat diperbaiki, inilah yang disebut dengan repair. Repair sangat penting untuk membangun kembali hubungan yang baik. Rupture tanpa repair dapat membuat masalah dalam hubungan orang tua dan anak semakin dalam dan semakin menyakiti anak, sehingga berujung pada masalah di dalam perkembangan anak.

Satu hal utama dalam repair adalah repair memerlukan kesadaran dari orang tua tentang apa yang sedang dirasakan dan apa pemicunya. Orang tua perlu berhenti dan berefleksi mengenai apa yang baru dilakukan dan bagaimana perasaan orang tua saat itu. Sambil merefleksikan situasi, cobalah untuk berempati kepada anak, tanyakan kepada diri Anda “mengapa anak melakukan hal itu?”, “apakah anak membutuhkan perhatian?”, dan “apa respon yang anak harapkan dariku?”. Setelah itu, orang tua dapat mencoba untuk bicara dengan anak mengenai situasi yang sebelumnya dialami sesegera mungkin. Untuk anak yang lebih besar, orang tua bisa memulai dengan minta maaf dan menjelaskan apa yang sedang orang tua rasakan. Kemudian, cobalah dengar dari sisi anak, apa yang mereka pikirkan dan rasakan terkait situasi tersebut. Proses repair ini dapat menjadi kesempatan bagi orang tua untuk menjelaskan bahwa orang tua hanyalah manusia biasa yang bisa melakukan hal yang tidak dapat dikontrol ketika sedang merasa kewalahan.

Kemudian, orang tua dapat “membayar” kesalahan dengan menawarkan hal yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anak, misalnya membaca buku bersama atau bermain bersama. Hal ini penting untuk menunjukkan bahwa hubungan orang tua dan anak dapat erat kembali.

Rupture dan repair dapat dilakukan di banyak situasi yang mengancam hubungan harmonis antara orang tua dan anak. Jika orang tua sering menerapkan proses ini setiap kali ada masalah dalam hubungan, anak akan belajar bahwa ia juga bisa melakukan repair ketika ia melakukan kesalahan atau menyakiti hati orang tua. Ingatlah bahwa anak akan selalu mencontoh perilaku orang tua, disadari maupun tidak. Anak tidak memerlukan orang tua yang sempurna dan tidak pernah salah–karena memang tidak ada manusia yang sempurna, yang anak butuhkan adalah orang tua yang apa adanya kepada mereka dan selalu belajar agar mereka bisa mengembangkan kesadaran akan diri mereka sendiri.

 

Sumber:

Siegel, D. J. (2004). Attachment and self-understanding: Parenting with the brain in mind. Journal of Prenatal and Perinatal Psychology and Health, 18(4), 273-286. 

Perry, P. (2019). The Book You Wish Your Parents Had Read (and Your Children Will Be Glad That You Did), p. 17-18. Penguin UK.

rupture and repair, parenting, hubungan orang tua dan anak, konflik, pengasuhan

Children 4 Years - 6 Years / 4 Tahun - 6 Tahun / Parenting / Pola Asuh / Family / Keluarga / Aku Tidak Sengaja Membentak Anakku, Apa yang Harus Kulakukan?

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.
photo of bersuara untuk udara
 book cover kinderkloud
Bersuara untuk Udara
Bicara Udara
Langit biru adalah hak semua orang. Kita semua dapat berkontribusi menjadi pahlawan udara bersih melalui tindakan kecil sehari-hari. Buku ini mengajak anak-anak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan udara dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.