Aktivitas yang Dapat Meningkatkan Expressive Language Anak! | Salsabilatuzzahra Jaha S.Psi. from BehaviorPALS Center| Kinderkloud

Aktivitas yang Dapat Meningkatkan Expressive Language Anak!

anak sedang berbicara

Komunikasi menjadi kemampuan yang sangat penting untuk tiap individu. Secara garis besar kemampuan komunikasi terbagi menjadi 2 yaitu receptive dan expressive language. Receptive adalah bagaimana informasi (gesture, kalimat, kata ataupun tulisan) dapat diterima. Expressive adalah bagaimana pesan atau informasi (gesture, kalimat, kata ataupun tulisan) dapat tersampaikan. 2 kemampuan komunikasi ini perlu dibangun sedari kecil agar individu dapat memiliki komunikasi yang baik. 


Expressive language penting dibangun sedari dini agar anak dapat mengungkapkan apa yang ia rasakan. Selain itu, dengan bisa mengekspresikan ke orang lain maka akan terjalin komunikasi yang baik sehingga meminimalisir terjadinya kesalahpahaman. Para orang tua dapat melakukan aktivitas bermain untuk bersama anak untuk meningkatkan skill expressive language anak. Ketika bermain, anak akan merasakan kesenangan sambil belajar. Hampir seluruh mainan yang ada di rumah dapat digunakan untuk melatih expressive language anak. Berikut ini aktivitas bermain yang dapat dilakukan orang tua untuk melatih expressive language anak adalah : 

 

1.Buku tanpa teks

Buku memiliki banyak manfaat terutama dalam perkembangan bahasa anak. Anda bisa menggunakan buku cerita yang ada di rumah. Contohnya buku tanpa teks yang hanya memuat gambar-gambar saja. Buku ini sangat bagus untuk mengembangkan imajinasi dan ekspresif anak. Anda bisa menggunakan waktu anda untuk melihat buku tersebut bersama, Anda bisa mengembangkan skill bahasa dengan cara bertanya hal yang ada di buku. Seperti “ini apa?” “dia siapa?” “warnanya apa?”. Anda juga bisa memperluas jawaban anak anda seperti “iya betul itu kucing, kucingnya warna hitam sedang naik pohon”. Selama membaca, anda juga bisa mengembangkan bahasa anak dengan memperbanyak label dan komentar tentang apa yang ada di buku. 

2. Buku teks sederhana 

Selain buku tanpa gambar, buku dengan teks sederhana juga sangat baik untuk membangun kemampuan bahasa ekspresif anak. Kita bisa melakukan hal yang ketika membaca buku bersama anak. Namun untuk buku teks ini kita bisa menanyakan anak dengan pertanyaan terbuka. Dengan mengajukan pertanyaan terbuka akan memunculkan jawaban yang lebih bervariatif. Misalnya “apa yang orang itu lakukan?” “kira-kira bagaimana perasaannya?” “menurutmu ceritanya bagaimana?”. Hindarilah memberikan pertanyaan dengan jawaban satu kata. 

3. Bermain dengan Playdough 

Playdough dapat digunakan sebagai media mengembangkan bahasa dan imajinasi anak. Playdough dapat kita kreasikan sebebas mungkin. Kita dapat mengkreasikan bentuk playdough menjadi bentuk binatang, buah, dan lain sebagainya. Anda dapat menyediakan roller, cetakan dan pemotong atau alat apapun yang sekiranya dapat membantu anak untuk membuat bentuk playdough. Biarkan anak anda mengekspresikan apa yang mereka ingin buat. Secara tidak langsung, playdough menjadi media ekspresif mereka. Dalam bermain, kita juga menggunakan kesempatan ini untuk anak mengekspresikan untuk meminta sesuatu. Seperti “aku mau…. “ dan “aku butuh….

4. Gelembung 

Hampir semua anak menyukai bermain gelembung. Gelembung adalah alat yang hebat untuk digunakan dengan anak kecil. Saat bermain gelembung, kita dapat mengembankan bahasa ekspresif anak lewat bergantian. Pada kesempatan ini, anda juga bisa mengajarkan anak anda untuk bilang “giliranku” atau membuat ia meminta anda meniupkan gelembung lebih banyak “lebih banyak lagi..” 

5. Mainan Hewan

Bermain dengan animal toys juga baik untuk perkembangan imajinasi dan bahasa ekspresif anak. Anda bisa menggunakan mainan hewan untuk permainan pura-pura. Kesempatan ini bisa anda gunakan untuk mereka meminta “aku mau hewan ini…: atau “ambilkan aku hewan ini…” Lalu anda dapat menanyakan pertanyaan terbuka seperti “apa yang sedang kamu buat?” atau “Ceritakan apa yang hewan-hewan sedang lakukan”. Selain itu, anda juga dapat menyisipkan pelajaran mengenai suara-suara hewan agar sesi bermain menjadi lebih menyenangkan.

6. Ser kereta dan mainan mobil

Mainan kendaraan juga bisa digunakan sama seperti mainan hewan digunakan. Untuk permainan mobil atau kereta anda bisa mengajarkan kata adjective seperti naik, turun, kencang dan pelan. Anda bisa membuat anak anda meminta “melajukan mobilnya lebih kencang” dan lain-lain. Terkadang permainan mobil dan kereta juga dilengkapi dengan track yang dapat menambah keseruan bermain. Kesempatan ini juga bisa anda manfaatkan untuk mereka meminta “pasangkan relnya” atau “siap-siap… mulai!” 

7. Dress up play 

Dress Up play atau permainan berdandan termasuk pada permainan berpura-pura. Ketika bermain ini, anak akan menggunakan imajinasinya dan mengekspresikan melalui pakaian yang ingin mereka kenakan. Anda dapat meminta anak Anda mengungkapkan apa yang ingin mereka kenakan atau apa yang mereka ingin Anda kenakan. Ajukan pertanyaan terbuka atau imajinatif seperti, "Ke mana kita harus pergi sekarang karena kita sudah berdandan?" atau "Siapa kita?"

8. Cooking Play

Permainan masak-masakan juga merupakan permainan berpura-pura. Anak Anda dapat berpura-pura sedang memasak atau menyajikan makanan untuk Anda. Mintalah mereka menanyakan apa yang ingin Anda makan, atau mengungkapkan apa yang mereka masak dan bagaimana, dan kepada siapa mereka menyajikannya.  Selain itu, anda juga bisa menambah karakter lain dengan menggunakan boneka. Mintalah anak-anak memberi makan boneka itu dan beri tahu, “Kasih makan bonekanya” atau “Boneka mau makan apel”. Anda juga dapat berpura-pura sebagai pelanggan yang bisa suka atau tidak menyukai makanan mereka dengan nada yang bercanda. 

 

Itulah tadi beberapa sedikit contoh kegiatan bermain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Sebenarnya, kita bisa memanfaatkan segala kegiatan untuk belajar dengan anak. Perlahan-lahan pasti akan berkembang kemampuannya! Semoga artikel ini dapat membantu!

Oleh Salsabilatuzzahra Jaha S.Psi dari BehaviorPALS Center 


Sumber : A Parent Handbook by CPAS (Cerebral Palsy Alliance Singapore) Speech and Language Pathology Department. 

https://cpas.org.sg/wp-content/uploads/2020/11/SLPbook_60ppA5_SPREAD_FALr.pdf

 

Bahasa, keterampilan, verbal, bicara, anak

Baby 6 Months - 18 Months / Bayi 6 - 18 Bulan / Psychological Development / Tumbuh Kembang Psikologis / Education / Pendidikan / Aktivitas yang Dapat Meningkatkan Expressive Language Anak!

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.